Tahun Depan, 3 Ruas Jalan di Kota Semarang Akan Diperbaiki

Rabu, 25 Oktober 2023 – 16:20 WIB
Tahun Depan, 3 Ruas Jalan di Kota Semarang Akan Diperbaiki - JPNN.com Jateng
Ilustrasi perbaikan jalan. Foto: Finta Rahyuni/JPNN.com

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memperbaiki tiga ruas jalan pada tahun depan. Peningkatan infrastruktur tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Tiga di antaranya, yaitu Jalan Pramuka, Jalan Puri Anjasmoro, dan Jalan Brigjen Sudiarto. Khusus Jalan Brigjen Sudiarto, kewenangan Pemkot Semarang hanya dari Gerbang Tol Gayamsari hingga Banjir Kanal Timur (BKT).

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang Suwarto mengatakan pengajuan permohonan bantuan tersebut telah sampai ke Kementerian PUPR melalui Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Tengah-DIY.

"Kami sudah mengajukan tiga tersebut, semoga disetujui," kata Warto sapaan akrabnya ditemui di Kantor DPU Kota Semarang, Selasa (24/10).

Warto mengatakan Jalan Puri Anjasmoro menjadi prioritas apabila pengajuan tiga ruas tersebut disetujui oleh Kementerian PUPR. Pasalnya, jalan tersebut merupakan akses menuju Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang.

"Terutama akses menuju bandara melalui Puri Anjasmoro memang jalannya bergelombang dan nanti rencana dibetonisasi," katanya.

Meski begitu, dua jalan lainnya juga tetap masuk dalam target peningkatan infrastruktur pada 2024. Pihaknya tetap menerima keputusan dari Kementerian PUPR terkait ruas yang akan ditingkatkan terlebih dulu.

"Kalau Jalan Pramuka itu, BPJN akan segera karena overlay (lapis perkerasan tambahan, red) tidak membutuhkan biaya cukup banyak ketimbang betonisasi," katanya.

Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang akan memperbaiki tiga ruas jalan pada tahun depan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News