Komisi II DPR RI: Persiapan Pemilu 2024 di Jateng Sudah Matang

Rabu, 22 November 2023 – 07:10 WIB
Komisi II DPR RI: Persiapan Pemilu 2024 di Jateng Sudah Matang - JPNN.com Jateng
Kunjungan kerja spesifik Komisi II DPR RI mengecek kesiapan Pemilu 2024 di Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa (22/11). Foto: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Komisi II DPR RI menilai semua aspek kesiapan penyelenggaraan pemilihan umum (Pemilu) 2024 di Jawa Tengah telah matang.

Wakil Ketua Komisi II DPR RI Saan Mustopa mengatakan kematangan semua aspek menandakan hajatan elektoral lima tahunan tersebut siap dihelat.

"Secara keseluruhan dari semua aspek. Baik yang disampaikan oleh KPU, Bawaslu, maupun pemerintah daerah melalui Pj Gubernur, kami melihat secara umum Jawa Tengah siap untuk melakukan pemilu," katanya, dalam kunjungan kerja spesifik di Gedung Gradhika Bhakti Praja Semarang, Selasa (21/11).

Mustopa mengatakan kesiapan itu dapat dilihat terkait dengan perihal daftar pemilih tetap (DPT), daftar calon tetap (DCT), dan pemetaan kerawanan maupun antisipasinya.

"Semua sudah dipetakan dan langkah-langkah tadi juga sudah disampaikan. Misalnya tadi Pj Gubernur Jateng menyampaikan langkah-langkah terkait mengantisipasi kerawanan Pemilu 2024," katanya.

Dia menyebut daerah-daerah yang dianggap rawan sudah melakukan langkah antisipasi dan bersinergi dengan tokoh masyarakat, stakeholder, dan sebagainya. 

Mustopa juga mengapresiasi responsibilitas Pemprov Jateng dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

Hal ini terlihat dari penandatanganan NPHD yang sudah dilakukan dengan KPU dan Bawaslu, bahkan untuk kabupaten/ kota juga hampir 100 persen, tinggal dua daerah yaitu Kabupaten Pemalang dan Kabupaten Pati.

Komisi II DPR RI menyebut bahwa persiapan Pemilu 2024 dan Pilkada 2024 di Jawa Tengah sudah matang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News