Tok! Belanja Daerah Pemprov Jateng Rp 28,5 Triliun, 230.830 Guru Agama Dapat Insentif

Jumat, 24 November 2023 – 20:22 WIB
Tok! Belanja Daerah Pemprov Jateng Rp 28,5 Triliun, 230.830 Guru Agama Dapat Insentif - JPNN.com Jateng
Belanja daerah Provinsi Jawa Tengah pada 2024 dianggarkan sebanyak Rp 28,5 triliun. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMATANG - Belanja daerah Provinsi Jawa Tengah pada 2024 dianggarkan sebanyak Rp 28,5 triliun. Keputusan itu telah disepakati Pemerintah Provinsi Jawa Tengah (Pemprov Jateng) bersama DPRD Provinsi Jateng sesuai Kebijakan Umum Anggaran dan Plafon Prioritas Anggaran Sementara (KUA-PPAS) APBD 2024.

"Belanja daerah ini dari pendapatan daerah Rp 27,1 triliun dan pembiayaan daerah Rp 1,4 triliun," kata Pj Gubernur Jateng Nana Sudjana seusai rapat paripurna di Gedung Berlian DPRD Provinsi Jateng, Kota Semarang, Jumat (24/11).

Nana mengatakan, hasil kesepakatan KUA PPAS 2024 difokuskan pada upaya untuk meningkatkan perekonomian tangguh yang berdaya saing dan berkelanjutan. Selain itu, untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang berdaya saing, berkarakter, dan adaptif. 

Penganggaran itu juga untuk meningkatkan ketahanan sumber daya alam dan lingkungan hidup, serta mewujudkan tata kelola pemerintahan yang dinamis.

Bahkan, digunakan untuk mendukung kebijakan nasional 2024, terutama pada penurunan stunting, penghapusan kemiskinan ekstrem, pengendalian inflasi, implementasi Satu Data Indonesia (SDI), dan perluasan implementasi Desa Anti-Korupsi.

Dari anggaran yang direncanakan, salah satunya juga untuk memberikan insentif guru keagamaan di Jawa Tengah. Insentif guru keagamaan dialokasikan untuk 230.830 orang. Jumlah penerimanya masih sama sebagaimana anggaran 2023 lalu.

Bahkan, Nana mengatakan guru keagamaan itu juga akan mendapatkan asuransi ketenagakerjaan. Dengan begitu, mereka justru akan mendapat dua manfaat.

"Jadi kita tambahkan asuransinya itu. Jadi jumlahnya (guru keagamaan) tetap seperti di tahun 2023. Kami menyesuaikan dengan anggaran yang ada," ujar Nana. (mcr5/jpnn)

Belanja daerah Provinsi Jawa Tengah pada 2024 dianggarkan sebanyak Rp 28,5 triliun. Sebanyak 230.830 guru agama dapat insentif.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News