Soal Kades Diperiksa Polda Jateng, Pemkab Wonogiri: Belum Ada Laporan

Sabtu, 25 November 2023 – 16:12 WIB
Soal Kades Diperiksa Polda Jateng, Pemkab Wonogiri: Belum Ada Laporan - JPNN.com Jateng
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri angkat bicara soal pemeriksaan yang dilakukan Polda Jawa Tengah (Jateng) kepada para kepala desa (kades) di wilayahnya. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jateng.jpnn.com, WONOGIRI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri angkat bicara soal pemeriksaan yang dilakukan Polda Jawa Tengah (Jateng) kepada para kepala desa (kades) di wilayahnya.

Sejauh ini Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jateng telah memeriksa 13 orang dari dua kabupaten, yakni Klaten dan Wonogiri. 

Pemeriksaan dilakukan terkait dugaan penyelewengan dana aspirasi yang dikucurkan Pemprov Jateng. Namun demikian, belum diketahui rincian pasti jumlah kades dari masing-masing wilayah. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Wonogiri Antonius Purnama Adi mengaku bahwa pihaknya belum menerima laporan terkait pemeriksaan yang telah dilakukan.

Dia juga tidak tidak mengetahui jumlah kades Wonogiri yang telah menjalani pemeriksaan.

"Kami malah tidak tahu yang dipanggil, tidak ada info masuk ke kami," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (25/11).

Meski demikian, dia telah meminta izin untuk melakukan pulbaket (pengumpulan barang bukti dan keterangan) ke sejumlah desa di Wonogiri pada Oktober 2023. Pada waktu itu, Polda Jateng hanya melakukan kegiatan pulbaket selama sehari. 

"Terakhir saya meminta izin untuk langsung ke daerah. Tidak semua kades hanya disampel, cuma sehari," ujarnya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri angkat bicara soal pemeriksaan yang dilakukan Polda Jawa Tengah (Jateng) kepada para kepala desa (kades) di wilayahnya.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News