Komnas HAM Temui Warga Desa Wadas Purworejo, Apa Hasilnya?

Sabtu, 12 Februari 2022 – 19:51 WIB
Komnas HAM Temui Warga Desa Wadas Purworejo, Apa Hasilnya?  - JPNN.com Jateng
Komisioner Komnas HAM Beka Ulung Hapsara. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, PURWOREJO - Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Beka Ulung Hapsara datang ke Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Sabtu (12/2). 

Kehadiran dirinya untuk mencari keterangan mendalam tentang kejadian di desa tersebut pada Selasa (8/2) dengan diamankannya sejumlah orang.

"kami ingin memastikan bahwa hak-hak warga itu terlindungi, kemudian didengar oleh para pembuat kebijakan," katanya. 

Ia meminta Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk mengevaluasi pendekatan yang digunakan terhadap warga Wadas yang kemarin juga berkoordinasi dengan aparat kepolisian.

Hal ini harus dilakukan supaya tidak terulang lagi peristiwa seperti kemarin, karena ini sudah peristiwa yang kedua setelah yang pertama pada April 2021.

"Komnas HAM sangat berharap bahwa peristiwa yang kemarin adalah peristiwa terakhir tidak ada lagi kekerasan, tidak ada lagi penangkapan terhadap warga. Pendekatan itu bisa diubah," katanya.

Ia menyampaikan pihaknya belum merekomendasikan untuk segera sosialisasi penggunaan material lahan Desa Wadas untuk pembangunan Bendungan Bener.

Menurutnya, yang terpenting adalah soal memulihkan trauma warga lebih dulu.

Komisioner Komnas HAM datang ke Desa Wadas Purworejo pascakerusuhan beberapa waktu lalu. Ini hasinya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News