Jokowi Effect, Perolehan Suara PSI di Semarang Tembus 6,07%

Selasa, 20 Februari 2024 – 18:06 WIB
Jokowi Effect, Perolehan Suara PSI di Semarang Tembus 6,07% - JPNN.com Jateng
Bendera Partai Solidaritas Indonesia (PSI). FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimistis kadernya melenggang ke parlemen Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Setidaknya terdapat lima calon anggota legislatif (caleg) partai mawar itu, berpotensi duduk di kursi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Semarang dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Dari enam daerah pemilihan (dapil) yang ada di Kota Semarang, PSI menyatakan telah mengamankan lima dapil yang masing-masing satu kursi. Di antaranya, dapil Kota Semarang I, II, III, IV, dan VI.

"PSI dapat kursi lima. Dapilnya yang menang beda-beda semua. Lima itu cuma Dapil V yang kalah," kata Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PSI Kota Semarang Melly Pangestu, Selasa (20/2).

Capaian lima kursi itu, menurutnya tak lepas dari efek dari Joko Widodo (Jokowi) dan Ketua Umum (Ketum) PSI Kaesang Pangarep. Dia menyebut efek slogan PSI Partainya Jokowi benar-benar bisa mendongkrak suara PSI di Ibu Kota Jateng.

Pasalnya, Melly mengungkap perolehan kursi caleg di Kota Semarang pada Pemilu 2024 ini meningkat ketimbang Pemilu 2019 silam. Namun, dia menyebut pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 2 tak berdampak banyak.

"Kemarin (Pemilu 2019, red) dua kursi, menang di Dapil I dan Dapil II. Kalau faktor (kursi naik) banyak ada perjuangan caleg, Pak Jokowi (effect, red), Mas Kaesang," ujarnya.

Berdasarkan sumber real count Komisi Pemilihan Umum (KPU), PSI memperoleh sebanyak 10.933 suara atau 6,07 persen pada hasil hitung suara pemilihan legislatif DPRD Kota Semarang. (mcr5/jpnn)

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) optimistis kadernya melenggang ke parlemen Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News