Tentara Rusia Berulah, Evakuasi WNI di Ukraina Jadi Tidak Pasti

Sabtu, 19 Maret 2022 – 09:36 WIB
Tentara Rusia Berulah, Evakuasi WNI di Ukraina Jadi Tidak Pasti - JPNN.com Jateng
Pertemuan Rusia dengan Ukraina berlangsung alot. Ilustrasi: Sultan Amanda/JPNN.com

jateng.jpnn.com, JAKARTA - Perang yang berkecamuk di Ukraina membuat nasib warga negara Indonesia (WNI) yang berada di sana jadi tak menentu.

Upaya evakuasi WNI dari Ukraina menghadapi sejumlah kendala, salah satunya yakni ketidakpastian pembukaan humanitarian corridor (koridor kemanusiaan) yang dapat memberikan jalan bagi tim evakuasi.

Direktur Perlindungan WNI Kementerian Luar Negeri RI Judha Nugraha menjelaskan bahwa hingga saat ini terdapat sembilan WNI yang masih diupayakan evakuasinya, di mana semuanya terletak di kota Chernihiv.

“Situasi terakhir kalau kami lihat di Chernihiv, ada di utara Kiev, ada di Ukraina utara yang saat ini memang menjadi zona pertempuran. Wilayah daerah yang dikuasai pasukan Rusia,” ujar Judha, Kamis (17/3).

Saat ini pihaknya tengah mengupayakan adanya koridor hijau sebagai jalur aman evakuasi warga negara RI keluar dari kota Chernihiv.

Dia mengatakan bahwa perkembangan terakhir di kota tersebut, sempat ada laporan adanya serangan pasukan Rusia yang mencoba masuk, tetapi dapat ditahan oleh pasukan Ukraina.

“Saat ini kondisi WNI sudah bisa kami pindahkan yang publik, saat ini ada di satu tempat safe house di kota Chernihiv, ada fasilitas bunker dan pasokan logistik lain,” jelasnya.

Upaya evakuasi terus dilakukan, tetapi menurutnya proses tersebut beberapa kali harus tertunda karena situasi di rute evakuasi yang masih terjadi pertempuran.

Tindakan Tentara Rusia yang membombardir wilayah Chernihiv, Ukraina, membuat evakuasi WNI di sana makin sulit.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News