Regenerasi Petani Jadi Isu Penting di Banjarnegara, Pemkab Turun Tangan

Rabu, 29 Desember 2021 – 13:06 WIB
Regenerasi Petani Jadi Isu Penting di Banjarnegara, Pemkab Turun Tangan - JPNN.com Jateng
Plh Bupati Banjarnegara Syamsudin (tengah). ANTARA/HO-Humas Pemkab Banjarnegara.

jateng.jpnn.com, BANJARNEGARA - Pemerintah Kabupaten Banjarnegara mengajak generasi muda di wilayah setempat untuk berperan aktif dalam pengembangan sektor pertanian guna meningkatkan perekonomian lokal.

"Kami mengajak generasi muda untuk mencintai sektor pertanian dan berperan aktif untuk mengembangkannya," kata Plh. Bupati Banjarnegara Syamsudin di Banjarnegara, Rabu (29/12). 

Dia mengatakan sektor pertanian sangat potensial dikembangkan di wilayah Banjarnegara mengingat kondisi iklim dan lahan yang sangat mendukung.

Menurutnya Banjarnegara memiliki banyak komoditas pertanian yang potensial dikembangkan, terlebih lagi kondisi iklim dan lahan yang subur sangat mendukung untuk meningkatkan produktivitas pertanian di wilayah ini. 

Kendati demikian, saat ini belum banyak generasi muda yang terjun dan berkontribusi dalam mengembangkan sektor pertanian di Banjarnegara.

"Pada saat ini, mayoritas petani yang ada di Banjarnegara merupakan golongan orang tua, belum banyak anak muda yang terjun dalam pengembangan sektor pertanian. Karena itu, Pemkab Banjarnegara terus mendorong agar makin banyak generasi muda yang berperan aktif," katanya.

Menurutnya, program regenerasi petani di wilayah ini perlu terus menjadi prioritas guna mewujudkan program pertanian berkelanjutan.

"Banjarnegara memiliki potensi besar di bidang pertanian. Kalau tidak generasi muda sekarang siapa lagi yang akan melanjutkan mengelola potensi tersebut pada masa yang akan datang," katanya.

Pemkab Banjarnegara membuat program rengenerasi petani untuk menyelematkan masa depan pertanian di wilayah itu.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News