Kreatif, Warga Kudus Ciptakan Alat Fogging Mini dengan Harga Murah

Rabu, 12 Januari 2022 – 04:00 WIB
Kreatif, Warga Kudus Ciptakan Alat Fogging Mini dengan Harga Murah - JPNN.com Jateng
Heru Rusiyanto, pembuat alat fogging mini asal Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, didampingi Ketua DPRD Kudus Masan menunjukkan alat pengasapan mini, Selasa (11/1/2021). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Heru Rusiyanto, warga Kecamatan Undaan, Kabupaten Kudus, berhasil menciptakan alat pengasapan (fogging) mini dengan harga terjangkau. 

Tidak hanya itu, cara pengoperasiaannya juga tergolong mudah untuk memberantas nyamuk penyebab demam berdarah dengue (DBD). 

Menurut Heru, ide membuat alat fogging tersebut berawal dari banyaknya nyamuk di rumahnya.

Setelah melihat rokok elektrik dengan alat yang kecil bisa mengeluarkan asap yang begitu banyak, akhirnya mencoba membuat alat yang ukurannya agar besar dengan mencari bahan-bahan yang bisa dipakai untuk membuatnya.

Pada 2019 dirinya sudah bisa membuat alat fogging mini. 

Proses pembuatannya sendiri, yakni dengan mengkombinasikan alat penyemprot burung dan alat pembakar makanan atau gas torch serta koil buatan sendiri menggunakan pipa tembaga yang nantinya keluar dalam bentuk asap.

Untuk mengoperasikannya juga cukup mudah.

Alat penyemprot burung hanya perlu diisi dengan cairan pembasmi nyamuk yang bisa dibeli di toko obat-obatan pertanian atau di pasar daring.

Alat fogging mini dengan harga murah diciptakan oleh warga Kudus, Jawa Tengah. Ideanya muncul dari rokok elektrik.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News