115 Sekolah Rusak di Kudus Akan Diperbaiki, Anggaranya Rp 23,79 Miliar

Rabu, 10 Januari 2024 – 16:20 WIB
115 Sekolah Rusak di Kudus Akan Diperbaiki, Anggaranya Rp 23,79 Miliar - JPNN.com Jateng
Salah satu sekolah dasar (SD) di Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, yang mengalami kerusakan beberapa waktu lalu. Sedangkan saat ini sudah diperbaiki. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Ratusan sekolah rusak di Kudus, Jawa Tengah akan segera mendapatkan renovasi menggunakan APBD 2024 dengan anggaran sebesar Rp 23,79 miliar.

Data Dinas Pendidikan, Kepemudaan, dan Olahraga (Disdikpora) Kudus menyebutkan sedikitnya ada 115 sekolah tingkat Sekolah Dasar (SD) dan SMP yang mengalami kerusakan.

"Dari jumlah sekolah rusak yang diusulkan tersebut, untuk SD sebanyak 103 sekolah dan SMP ada 12 sekolah," kata Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikpora Kudus Anggun Nugroho, Rabu (10/1).

Dia mengungkapkan anggaran perbaikan untuk setiap sekolah berkisar Rp 200-an juta, disesuaikan dengan kerusakan pada masing-masing sekolah.

"Anggaran dari pusat melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) alokasinya berkisar Rp8 miliar yakni Rp 5,3 miliar untuk SD dan Rp 2,7 miliar untuk SMP," ujarnya.

Hanya saja, kata dia, untuk anggaran bersumber dari DAK masih menunggu petunjuk teknis dari pusat, sedangkan yang segera dilaksanakan dari APBD Kudus.

Sekolah yang menjadi sasaran perbaikan tersebut, lanjutnya, tersebar pada sembilan kecamatan meliputi Mejobo, Kaliwungu, Undaan, Kota, Dawe, Bae, Jati, Jekulo, dan Gebog.

Untuk saat ini, kata dia, masih tahap perencanaan, sehingga pekerjaan diperkirakan baru bisa dimulai pada Maret 2024.

Ratusan sekolah rusak di Kudus mendapatkan plot anggaran untuk perbaikan, alhamdulillah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News