Revitalisasi Pecinan Semarang Diminta Tetap Lestarikan Nilai Budaya

Jumat, 02 Februari 2024 – 13:08 WIB
Revitalisasi Pecinan Semarang Diminta Tetap Lestarikan Nilai Budaya - JPNN.com Jateng
Gerbang Kawasan Pecinan Semarang dalam proses pengecatan ulang jelang Tahun Baru Imlek 2024. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sederet lampu-lampu lampion tampak tertata rapi menggantung di Gerbang Pecinan Kota Semarang. Tak kurang 500 lampion itu juga dipasang menyeluruh untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2575/2024 Kongzili.

Delapan hari menjelang Tahun Baru Cina, suasana Pecinan yang terletak di Kelurahan Kranggan, Kecamatan Semarang Tengah itu makin semarak. Tak hanya lampion, warga juga tampak membersihkan lingkungan rumah hingga sudut-sudut Pecinan.

Ketua Komunitas Pecinan (Kopi) Semawis Semarang Harjanto K Halim menyatakan tanda menyambut perayaan Imlek telah terasa dan dibuat semeriah mungkin.

"Lampion mulai dipasang ada 500 di sana, kalau megah tidak yang penting meriah," kata Harjanto, Jumat (2/2).

Pada tahun Naga Kayu ini, Pecinan akan disulap menjadi lebih tertata. Menjauhkan kesan kumuh di kepala masyarakat ketika menyusuri sudut gang kawasan kampung orang Tiongkok tersebut.

Revitalisasi Pecinan Semarang Diminta Tetap Lestarikan Nilai BudayaTugu Gambiran Pecinan Semarang dililit Lampion Naga merah muda jelang Tahun Baru Imlek 2024. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

Harjanto menyebut kesadaran warga mulai dibangkitkan akan pentingnya kebersihan dan kerapian melalui lomba menghias rumahnya masing-masing.

"Kami juga melihat ada tembok-tembok kotor daerah-daerah kumuh, kalau dibetulkan terus dipakai lagi tidak ada faedahnya. Jadi dibersihkan kemudian digambar membuat lebih indah dan tidak kumuh lagi, bisa jadi spot-spot foto," ujarnya.

Pemkot Semarang akan segera merevitalisasi kawasan Pecinan. Sejumlah pemerhati sejarah meminta untuk tak menghilangkan nilai budaya dalam revitalisasi tersebut.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News