Revitalisasi Keraton Surakarta Sudah Dimulai

Selasa, 23 Januari 2024 – 22:45 WIB
Revitalisasi Keraton Surakarta Sudah Dimulai - JPNN.com Jateng
Operasional alat berat di kawasan alun-alun utara Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Selasa (23/1/2024). ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah mulai direvitalisasi seiring dengan masuknya perbaikan peninggalan sejarah tersebut.

Perwakilan Keraton Kasunanan Surakarta KP Eddy Wirabhumi mengatakan revitalisasi keraton sudah berjalan selama seminggu terakhir ini.

"Tahap awal revitalisasi ini menyasar ke dua kawasan keraton, yakni alun-alun utara dan selatan milik Keraton Surakarta," katanya, Selasa (23/1).

Untuk penataan di alun-alun utara, kata dia, dilakukan mulai dari Koridor Gladag hingga bangunan utama yang ada di alun-alun utara.

Sementara itu untuk di bagian selatan, revitalisasi dimulai di bagian utama alun-alun selatan dan sekitarnya, termasuk penataan pedagang kaki lima dan sebagainya.

"Kalau alun-alun utara dari Gladak, tetapi belum menyentuh lingkungannya, sedangkan di alun-alun selatan sudah termasuk lingkungannya," ujarnya.

Dia memastikan selama revitalisasi dilakukan, kegiatan adat keraton akan tetap terlaksana seperti biasa.

Selain itu, para pedagang yang biasa berjualan di kawasan alun-alun untuk sementara waktu dipindahkan ke lokasi lain yang belum tersentuh oleh revitalisasi.

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat sudah mulai direvitalisasi seiring dengan masuknya perbaikan peninggalan sejarah tersebut.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News