Ibu-ibu PKK di Desa Winong Kini Tahu Cara Agar Anak Tak Kecanduan Gadget

Kamis, 14 Maret 2024 – 10:00 WIB
Ibu-ibu PKK di Desa Winong Kini Tahu Cara Agar Anak Tak Kecanduan Gadget - JPNN.com Jateng
KKN Upgris Semarang memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK di Desa Winong Pati tentang cara mencegah anak agar tak kecanduan gadget.

jateng.jpnn.com, PATI - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Kelompok 09 Universitas PGRI Semarang (Upgris) mengadakan program kerja dengan tajuk Literasi Digital Tentang Parenting Anak dengan Tema Pencegahan Gadget Pada Anak di Bawah Umur.

Sosialisai tersebut ditujukan kepada ibu-ibu PKK Desa Winong, Kecamatan Pati, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Ketua KKN Upgris Kelompok 9 Hasrul Fathulloh mengatakan kegiatan ini dilakukan dengan tujuan agar mencegah dan mengawasi penggunaan gadget anak anak dibawah umur.

"Sasaran dari sosialisasi ini yaitu ibu-ibu PKK yang di mana nanti akan diterapkan kepada anak-anaknya yang masih berada di bawah umur," katanya, Kamis (14/3).

Penggunaan gadget di kalangan anak-anak, kata dia, saat ini meningkat secara drastis. Hal ini terjadi karena salah satu faktor pendorongnya dengan adanya kebijakan penyelenggaraan pembelajaran dari rumah ketika masa pandemi covid-19 lalu.

"Akhirnya banyak anak-anak yang mau tidak mau harus menggunakan gadget sebagai media komunikasi dan penunjang pembelajaran pendidikan. Penggunaan gadget di kalangan anak-anak juga mengalami pergeseran fungsi, yaitu sebagai alat hiburan seperti menonton video dan bermain game," katanya.

Dia menyebutkan bahwa anak-anak sekarang cenderung lebih banyak menghabiskan waktu sekitar 2-5 jam sehari dalam menggunakan gadget. Penggunaan tersebut lebih banyak untuk menonton video (Youtube/TikTok) atau bermain game daripada untuk belajar.

"Hal ini dirasa sebagai salah satu bentuk penggunaan gadget yang kurang bijak bagi anak- anak karena dapat menjadikan anak ketagihan, dan bahkan memengaruhi kesehatan," jelasnya.

KKN Upgris Semarang memberikan edukasi kepada ibu-ibu PKK di Desa Winong Pati tentang cara mencegah anak agar tak kecanduan gadget.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News