KKN Upgris Mengajak Siswa SD N Pagersari 01 Melawan Bullying Melalui Bermain Drama

Jumat, 13 September 2024 – 18:44 WIB
KKN Upgris Mengajak Siswa SD N Pagersari 01 Melawan Bullying Melalui Bermain Drama - JPNN.com Jateng
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Universitas PGRI Semarang (Upgris) melakukan sosialisasi stop bullying di SD N Pagersari 01, Desa Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang pada Rabu (11/9). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, KABUPATEN SEMARANG - Bullying atau perundungan masih menjadi masalah serius di lingkungan sekolah. Untuk itu, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Universitas PGRI Semarang (Upgris) melakukan sosialisasi stop bullying di SD N Pagersari 01, Desa Pagersari, Kecamatan Bergas, Kabupaten Semarang pada Rabu (11/9).

Kegiatan yang merupakan salah satu program pendidikan KKN Upgris ini mencoba melakukan pendekatan yang unik dan kreatif untuk mengatasi masalah bullying di sekolah.

Mereka mengajak para siswa SD N Pagersari 01 untuk bermain peran yang dilaksanakan di aula sekolah dasar tersebut.

Fatimatul Karimah, penanggung jawab kegiatan tersebut mengaku prihatin dengan makin maraknya bullying yang terjadi di lingkungan sekolah, terutama sekolah dasar.

Atas dasar tersebut, pihaknya mengadakan sosialisasi ini guna mengurangi dan memberi pemahaman kepada siswa tentang dampak buruk bullying.

"Dengan berkolaborasi dengan SD Negeri Pagersari 01, kami mengadakan sosialisasi stop bullying melalui drama main peran," ujarnya, Jumat (12/9).

Dia mengatakan dengan sosialisasi ini melibatkan beberapa siswa SD N Pagersari 01 untuk bermain peran sebagai korban bullying dan beberapa mahasiswa KKN MBKM Upgris berperan sebagai pelaku bullying.

"Kegiatan bermain peran ini melibatkan seluruh siswa dari kelas empat dan lima. Mereka dibagi menjadi beberapa kelompok dan diberikan skenario
yang berbeda-beda terkait bullying. Ada yang berperan sebagai korban, pelaku, saksi, hingga orang dewasa yang bisa membantu," ungkapnya.

mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) MBKM Universitas PGRI Semarang (Upgris) melakukan sosialisasi stop bullying di SD N Pagersari 01, Kabupaten Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News