Pemkab Banyumas Berharap Rencana Pembangunan Tol Pejagan-Cilacap Dapat Terealisasikan

Rabu, 17 April 2024 – 21:02 WIB
Pemkab Banyumas Berharap Rencana Pembangunan Tol Pejagan-Cilacap Dapat Terealisasikan - JPNN.com Jateng
Kendaraan dari arah jalur selatan Jawa Tengah dan jalur tengah Jateng yang akan menuju Tol Pejagan melalui ruas jalan Ajibarang-Bumiayu-Brebes tersendat di Simpang SPBU Ajibarang, Kabupaten Banyumas, pada H+4 Lebaran 2024 atau Senin (15/4/2024). ANTARA/Sumarwoto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Kabupaten Banyumas Agus Sriyono mengharapkan rencana pembangunan jalan tol Pejagan-Cilacap dapat segera terwujud.

Hal tersebut karena pihaknya ingin mengurangi kepadatan arus lalu lintas di ruas jalan penghubung jalur selatan dan tengah Jateng dengan jalur pantura terutama saat lebaran.

"Jika jalan tol Pejagan-Cilacap bisa terwujud, maka kelancaran lalu lintas dan perekonomian di jalur selatan akan makin meningkat sejalan dengan kelancaran mobilitas angkutan orang dan barang dari berbagai wilayah," katanya, Rabu (17/4).

Dia mengatakan pembangunan jalan tol Pejagan-Cilacap tidak hanya digunakan pada masa Lebaran saja karena volume kendaraan yang melintas di jalan Ajibarang-Bumiayu-Brebes yang merupakan penghubung jalur selatan dan jalur tengah Jateng dengan jalur pantura itu terus meningkat.

"Bahkan jalan nasional di wilayah Kecamatan Ajibarang, Banyumas, menjadi titik berat lalu lintas pada momentum Lebaran 2024 akibat kemacetan yang ada di Bumiayu, Kabupaten Brebes," ujarnya.

Dia mengatakan jika badan jalan di ruas Ajibarang-Bumiayu-Brebes tersebut dilebarkan, masih akan terjadi permasalahan yang timbul akibat banyaknya hambatan samping di sepanjang jalur tersebut seperti aktivitas pejalan kaki, kendaraan yang berhenti di tepi jalan, dan keluar-masuknya kendaraan di persimpangan jalan.

"Dengan banyaknya faktor penyebab kemacetan pada masa lebaran di jalur selatan dan tengah Jateng, solusi yang perlu menjadi pertimbangan adalah segera terwujudnya jalan tol Pejagan-Cilacap, karena pengaturan manajemen dan rekayasa lalu lintas hanya akan mengalihkan kemacetan dan lancar bersifat sementara," katanya menegaskan.

Lebih lanjut, dia mengakui kegiatan arus milir Lebaran 2024 di Kabupaten Banyumas masih menyisakan beberapa titik kepadatan arus kendaraan di wilayah Ajibarang.

Pemkab Banyumas mengharapkan rencana pembangunan jalan tol Pejagan-Cilacap dapat segera terwujud.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News