Ribuan Polisi Amankan May Day di Depan Kantor Gubernur Jateng: Pengamanan Persuasif & Negosiasi

Rabu, 01 Mei 2024 – 14:46 WIB
Ribuan Polisi Amankan May Day di Depan Kantor Gubernur Jateng: Pengamanan Persuasif & Negosiasi - JPNN.com Jateng
Aparat kepolisian tengah mengamankan aksi unjuk rasa di Kantor Gubernur Jateng. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepolisian Resor Kota Besar (Polrestabes) Semarang menerjunkan ribuan personel dalam pengamanan aksi Hari Buruh Internasional di depan Kantor Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Jalan Pahlawan Kota Semarang, Rabu (1/5).

Aksi May Day tahun ini diperingati oleh sejumlah elemen buruh. Mereka menggelar demonstrasi masing-masing menyuarakan hak-hak buruh di Jateng. Aparat kepolisian di lapangan juga mengerahkan sarana prasarana pengamanan unjuk rasa.

Wakapolrestabes Semarang, AKBP Wiwit Ari Wibisono mengatakan sebanyak 1.400 personel gabungan diturunkan dalam pengamanan demonstrasi. Menurutnya, unjuk rasa hari buruh berjalan dengan tertib dan aman.

Dia memastikan pengamanan dilakukan sesuai prosedur yang telah ditetapkan oleh undang-undang. Pihaknya akan mengawal dari awal hingga akhir penyampaian pendapat di muka umum tersebut.

Selain melakukan pengamanan unjuk rasa, Polrestabes Semarang juga melakukan rekayasa lalu lintas di sejumlah lokasi. Upaya tersebut dilakukan agar masyarakat yang sedang melakukan aktivitas tidak terganggu oleh kegiatan demonstrasi.

AKBP Wiwit mengimbau para demonstran dapat menjunjung kedamaian dan ketertiban. Pihaknya menyatakan bakal mengedepankan pengamanan persuasif terlebih dahulu bila berpotensi menimbulkan ketegangan.

"Kami minta aksi aman tanpa anarkis. Pengamanan persuasif dan negosiasi, upaya perduasif kami lakukan agar menenangkan dan kami berushaha mendekatkan diri kepada massa," katanya.(mcr5/jpnn)

Pengamanan persuasif & negosiasi jadi andalan ribuan polisi amankan aksi May Day di depan Kantor Gubernur Jateng.

Redaktur : Danang Diska Atmaja
Reporter : Wisnu Indra Kusuma

Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News