Candi Prambanan Jadi Lokasi Gelaran Tawur Agung Kesanga, Ini Pesan Ganjar

Kamis, 17 Februari 2022 – 19:00 WIB
Candi Prambanan Jadi Lokasi Gelaran Tawur Agung Kesanga, Ini Pesan Ganjar - JPNN.com Jateng
Pertemuan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan Ketua Bidang Keagamaan dan Spiritualitas Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat, Panindita Astono Candra Dana di Puri Gedeh, Kamis (17/2). FOTO: Humas Pemprov Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta Perayaan Tawur Agung Kesanga disiapkan sesuai skema antisipasi situasi Covid-19.

Ketua Bidang Keagamaan dan Spiritualitas Parisada Hindu Dharma Indonesia Pusat Panindita Astono Candra Dana mengatakan prosesi Tawur Agung Kesanga akan dipusatkan di Candi Prambanan.

Astono menyebut upacara yang diselenggarakan umat Hindu sehari sebelum perayaan Nyepi tersebut akan dilaksanakan sesuai arahan Ganjar Pranowo dengan memperhatikan situasi dan kondisi Covid-19.

"Kami harus dinamis dan menyesuaikan dengan perkembangan situasi (Covid-19). Sekarang ini Yogyakarta cukup tinggi sedangkan Jawa Tengah relatif stabil," kata Astono usai menemui Ganjar Pranowo di Rumah Dinas Puri Gedeh, Kamis (17/2).

Ia mengatakan akan melaksanakan Tawur Agung sesuai dengan rencana awal jika kasus Covid-19 melandai. Namun, lanjut dia, jika angka penyebaran meningkat, pihaknya akan mengurangi jumlah peserta dan melakukan secara hibrid. 

Menurut Astono persiapan untuk acara Tawur Agung Kesanga sudah berjalan. Beberapa rangkaian kegiatan sudah dilakukan, seperti bersih-bersih di lingkungan Candi Sewu.

Astono menyebut dalam acara itu juga diikuti oleh umat lintas agama. Termasuk acara Melasti atau penyucian diri akan digelar di Umbul Geneng, Kabupaten Klaten.

"Setelah bersih diri, baru kami lakukan sedekah bumi atau istilahnya Tawur Agung Kesanga pada Rabu 2 Maret 2022 di Candi Prambanan. Jumlah peserta kalau dari BPBD Klaten kemarin bisa sampai 800 perserta," katanya.

Umat Hindu akan menggelar prosesi Tawur Agung Kesanga di Candi Prambanan. Rombongan dari Klaten diprediksi capai 800 orang. Ganjar titip pesan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News