Telan Rp 386 Miliar, Tanggul Laut Semarang Konon Mampu Menahan Rob 30 Tahun

Senin, 17 Juni 2024 – 16:54 WIB
Telan Rp 386 Miliar, Tanggul Laut Semarang Konon Mampu Menahan Rob 30 Tahun - JPNN.com Jateng
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau proyek pembangunan tanggul laut di Tambaklorok Semarang. FOTO: Humas Pemkot Semarang.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan tanggul laut di Kampung Tambaklorok, Kota Semarang, Senin (17/6). Jokowi bilang, tanggul laut akan mampu menahan rob 30 tahun.

Jokowi mengatakan pembangunan sheet pile sepanjang 3,6 kilometer dengan anggaran Rp 386 miliar tersebut diharapkan mampu menangani dan mencegah luapan air laut ke wilayah pesisir.

"Ini adalah proyek pengendalian rob dan penataan kampung nelayan di Tambaklorok," ujar Presiden Jokowi di sela tinjauannya, Senin (17/6).

Jokowi berharap, proyek infrastruktur yang ditargetkan selesai Agustus mendatang itu dapat mampu menahan rob dalam waktu yang mepet.

"Saya kira dalam jangka waktu 30 tahun minimal bisa menahan rob yang terjadi, nanti akan selesai Agustus," ujarnya.

Sejauh ini menurutnya, pembangunan tanggul laut itu telah berjalan baik. Nantinya saat rampung pembangunan akan dilakukan efektivitasnya.

"Kampung nelayan baik nanti bisa direplikasi ke daerah lain, kalau sudah selesai akan dinilai efektivitas," ujarnya.

Sementara Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan proyek ini dibangun di area dengan luas lahan 56 hektare.

Jokowi bilang tanggul laut di Semarang menelan anggaran Rp 386 miliar, mampu menahan rob 30 tahun.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News