Di Balik Keindahan Alam Karimunjawa, Ada Sosok yang Tak Pernah Lelah Merawatnya

Rabu, 10 Juli 2024 – 13:42 WIB
Di Balik Keindahan Alam Karimunjawa, Ada Sosok yang Tak Pernah Lelah Merawatnya - JPNN.com Jateng
Penanaman bibit mangrove di Karimunjawa. Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, KARIMUNJAWA - Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah menawarkan pesona alam yang masih terjaga hingga kini. Di balik keindahannya itu, ada tangan yang tak pernah lelah menjaga Karimunjawa.

Sosok itu adalah Sunardi, seorang polisi hutan atau polhut yang telah bertugas selama 28 tahun di sana. Dia aktif menjaga, bahkan mengajak wisatawan untuk ikut menanam mangrove dan transplarasi terumbu karang.

Sunardi mengatakan hamparan hutan magrove di Pulau Karimunjawa seluasa 300 hektare. Hutan mangrove tersebut selain menjadi sabuk laut alami di Taman Nasional Karimunjawa, jug menjada edukasi wisata bagi para pelancong.

Kecintaannya mengamati tumbuh kembang tanaman mangrove, membuat Sunardi pun rajin menanam bibit mengrove ditempat-tempat sesuai pemetaan wilayah yang harus dijaga kelestariannya.

"Saya sudah 28 tahun bertugas di Karimunjawa. Dulu masih sering terjadi perusakan alam, sekarang sudah tidak," katanya, Selasa (9/7).

Pihaknya pun mengapresiasi semangat petugas yang menjaga kelestarian alam di wilayah Taman Nasional Karimunjawa sehingga selain hutan mangrove terjaga ekosistemnya.

Kegigihan Sunardi dalam menyiapkan pembibitan hingga penanaman bibit mangrove pun membuahkan hasil dan mampu menularkan semangat kepada masyarakat sekitar, bahkan hingga masyarakat luar karimunjawa ikut peduli merawat keindahannya.

Seperti yang dilakukan dirinya bersama sekelompok masyarakat yang datang berwisata sekaligus turut serta peduli menanam mangrove di sekitar pantai di Desa Kemujan.

Pulau Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah menawarkan pesona alam yang masih terjaga hingga kini. Ada sosok di balik itu semua.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia