Cegah Radikalisme, BLA Semarang & Pemkab Pemalang Menggelar Penguatan Moderasi Beragama

Rabu, 10 Juli 2024 – 15:02 WIB
Cegah Radikalisme, BLA Semarang & Pemkab Pemalang Menggelar Penguatan Moderasi Beragama  - JPNN.com Jateng
Kepala Balai Litbang Agama Semarang Moch. Muhaemin (kanan) bersama dengan Bupati Pemalang Mansur Hidyat (kiri) saat Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama Bagi Pejabat di Lingkungan Kabupaten Pemalang di Pendopo Pemkab Pemalang, Rabu (10/7). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, PEMALANG - Bupati Pemalang Mansur Hidayat mengatakan salah satu cara untuk mencegah radikalisme di kalangan masyarakat adalah dengan moderasi agama.

"Sehingga paham radikal yang berkembang dapat dicegah dan diminimalisir," ujarnya saat kegiatan Sosialisasi Penguatan Moderasi Beragama bagi Pejabat di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Pemalang di Pendopo Pemkab Pemalang, Rabu (10/7).

Dia menyebutkan moderasi beragama adalah jalan tengah untuk mengurangi kesenjangan antar-agama dan pemeluk agama yang berbeda.

"Moderasi beragama seringkali disalahpahami sebagai usaha untuk mengubah atau menyesuaikan ajaran agama itu sendiri," ungkapnya.

Namun, kata dia, pada dasarnya moderasi beragama bukanlah tentang memoderasi agama, melainkan memoderasi perilaku para pemeluknya.

“Agama, yang ajarannya diyakini suci oleh umatnya, memiliki nilai-nilai yang tetap dan mendasar. Yang perlu dimoderasi adalah bagaimana nilai-nilai tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Hidayat.

Hidayat menekankan bahwa banyak orang di masyarakat yang mengaku beragama, tetapi tidak mencerminkan sikap beragama, yang pada akhirnya hanya mempermalukan diri sendiri.

“Kita harus meyakini bahwa agama kita adalah yang paling benar, namun pada saat yang sama kita juga harus menghormati bahwa orang lain yang berbeda agama juga pasti meyakini agamanya yang paling benar,” tandas Hidayat.

BLA Kota Semarang bersama Pemkab Pemalang menggelar sosialisasi penguatan moderasi agama untuk pejabat.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News