Waspada! BNPT Sebut Radikalisme Sudah Menjangkiti Pelajar SD

Rabu, 21 Juni 2023 – 23:35 WIB
Waspada! BNPT Sebut Radikalisme Sudah Menjangkiti Pelajar SD - JPNN.com Jateng
Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Kolonel CZi Rahmad Suhendro saat menjadi pembicara dalam acara yang bertema "Kenduri Desa Damai Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri Yang Melibatkan Masyarakat" di aula Balai Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (21/6/2023). ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif.

jateng.jpnn.com, KUDUS - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengingatkan masyarakat untuk mengenali tetangga sekitar sebagai upaya deteksi dini mencegah munculnya kasus terorisme ataupun radikalisme.

Hal itu disampaikan Kasubdit Pemberdayaan Masyarakat BNPT Kolonel CZi Rahmad Suhendro saat menjadi pembicara dalam acara yang bertema Kenduri Desa Damai Kenali dan Peduli Lingkungan Sendiri Yang Melibatkan Masyarakat di aula Balai Desa Getaspejaten, Kecamatan Jati, Kudus, Rabu (21/6).

"Jangan tinggalkan kewajiban pendatang untuk lapor RT/RW, harus dihidupkan kembali. Jika tidak kenal lingkungan, dengan mudah tersusupi paham yang mengajarkan perbedaan," katanya.

Dia mengingatkan bahwa terorisme merupakan kejahatan luar biasa dan melanggar hak asasi manusia.

Pelaku terorisme dalam menjalankan aksinya, kata dia, mengatasnamakan agama, padahal ajaran agama yang dianut oleh masing-masing umat beragama tidak pernah mengajarkan untuk mengganggu masyarakat.

"Saat ini, radikalisme dan terorisme sudah masuk ke lini paling kecil, bahkan sudah masuk ke pelajar SD sehingga masyarakat harus mewaspadai," ujarnya.

Hadirnya kegiatan kenduri desa damai di Kudus ini, menurut dia, bertujuan untuk guyub rukun sebagai kepedulian antarsesama dan menguatkan interaksi sosial secara intensif.

Dia berharap kegiatan itu menjadi bekal anak-anak dari desa ketika berada di kota tidak mudah terpapar radikalisme ataupun terorisme.

BNPT menyebut bahwa radikalisme sudah masuk ke lini paling kecil, yakni pelajar SD. Hal tersebut disampaikan di Kudus, Jateng.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News