Mitos Gamelan Lokananta Solo, Ada Penunggunya Sering Berbunyi Sendiri

Rabu, 23 Februari 2022 – 20:40 WIB
Mitos Gamelan Lokananta Solo, Ada Penunggunya Sering Berbunyi Sendiri - JPNN.com Jateng
Kondisi Gamelan Lokananta di salah satu ruangan yang ada di Lokananta, Solo, Rabu (23/02/2022). Foto : Romensy Augustino/JPNN

jateng.jpnn.com, SOLO - Studio rekaman pertama di Indonesia, Lokananta Solo menyimpan berbagai peninggalan bersejarah khususnya di bidang musik.

Selain hasil rekaman berbentuk piringan hitam, kaset pita dan CD di Lokananta terdapat seperangkat gamelan yang konon dibuat pada masa Pangeran Diponegoro atau pada abad ke-18.

Kabarnya, gamelan yang memiliki nama Kyai Sri Kuncoro Mulyo itu sering berbunyi sendiri.

Menurut Anggit Wicaksono selaku Marketing Lokananta, beberapa orang seperti satpam dan pengunjung yang sedang menggunakan studio rekaman, sering mendengar bunyi ricikan atau instrumen kenong dan bonang pada malam hari.

"Masyarakat sendiri sering mengidentikkan gamelan itu dengan nama Gamelan Lokananta," jelas dia.

Nama Lokananta sendiri, berasal dari cerita pewayangan Jawa yang memiliki arti seperangkat gamelan dari kahyangan yang bisa berbunyi sendiri tanpa penabuh.

"Itu mungkin yang sering dikait-kaitkan gamelan bisa bunyi sendiri," papar Anggit.

Ia secara pribadi pun mengakui kalau Gamelan Lokananta ada penunggunya mengingat alat musik tersebut merupakan salah satu benda pusaka.

Gamelan Lokananta yang berada di Studio Pertama Indonesia di Solo memiliki cerita mistis yang bikin merinding. Pengunjung sering mendengar bunyi sendiri.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News