Hari Sumpah Pemuda, Keraton Surakarta Bentangkan Bendera Merah Putih 100 Meter

Senin, 28 Oktober 2024 – 20:34 WIB
Hari Sumpah Pemuda, Keraton Surakarta Bentangkan Bendera Merah Putih 100 Meter - JPNN.com Jateng
Para siswa saat membentangkan bendera merah putih sepanjang seratus meter di kawasan Keraton Kasunanan Solo, Senin (28/10/2024). Foto: Romensy Augustino/Jpnn com

jateng.jpnn.com, SOLO - Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter di Hari Sumpah Pemuda ke-96, Senim (28/10).

Ketua Lembaga Dewan Adat (LDA) sekaligus Inspektur Upacara Sumpah Pemuda GKR Koes Moertiyah Wandansari atau Gusti Moeng mengatakan bendera tersebut dibentangkan mengelilingi kawasan Baluwarti yang menjadi tempat berdirinya Keraton Surakarta. 

Pada kesempatan tersebut, pihaknya juga mengajak para pelajar untuk ikut membawa bendera tersebut. 

"Utamanya kami mengajak generasi muda agar nanti seterusnya tetap menjaga merah putih karena bendera ini adalah lambang keberadaan NKRI," katanya. 

Selain itu, melalui upacara tersebut pihaknya juga mengajak generasi muda untuk memahami sejarah. 

"Bahwa awal bendera ini dipakai oleh negara yang berdaulat adalah Kerajaan Mataram Surakarta sampai Majapahit. Ini yang membuat kita tergugah untuk memulai lagi dan mengingatkan kembali kepada khalayak terutama pemerintah pemegang kekuasaan bahwa jasmerah, jangan meninggalkan sejarah dan sejarah merah putih harus betul-betul dipakai," katanya. 

Dia mengatakan bendera merah putih juga digunakan oleh Keraton Surakarta saat berhubungan diplomasi dengan negara-negara lain. 

Dia mengatakan upacara Sumpah Pemuda kali ini merupakan yang pertama kalinya dilaksanakan oleh Keraton Surakarta dan ke depan akan diselenggarakan setiap tahun. 

Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat membentangkan bendera merah putih sepanjang 1.000 meter di Hari Sumpah Pemuda ke-96. 
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News