Polda Jawa Tengah Klaim Situasi Desa Wadas Sudah Kondusif

Sabtu, 26 Februari 2022 – 16:15 WIB
Polda Jawa Tengah Klaim Situasi Desa Wadas Sudah Kondusif - JPNN.com Jateng
Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy. FOTO: Humas Polda Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Polda Jawa Tengah menyebut situasi di Desa Wadas, Kecamatan Bener, Kabupaten Purworejo, telah kondusif pasca-insiden ketegangan pengukuran lahan quarry di sana.

Kondisi itu berangsur-angsur pulih setelah kepolisian menarik anggotanya serta melakukan analisa dan evaluasi dari peristiwa yang terjadi pada Selasa (8/2) lalu.

Dugaan kekerasan ataupun pelanggaran oleh anggota kepolisian terhadap warga Wadas juga terus diperiksa. Saat ini terdapat enam dari 250 anggota kepolisian telah diperiksa oleh Irwasda dan Kabid Propam Polda Jateng.

Termasuk barang-barang warga Wadas yang dilaporkan hilang pada saat itu yaitu dua sepeda motor dan sejumlah telepon seluler telah dikembalikan kepada pemiliknya masing-masing.

Kabid Humas Polda Jawa Tengah Kombes Pol M Iqbal Alqudusy mengatakan iklim di Desa Wadas telah kembali normal. Ia menyebut komunikasi antar warga mulai terjalin dengan baik.

Pemulihan di Desa Wadas tidak hanya dari aparat kepolisian yang turun langsung, tetapi dari TNI juga intensif melaksanakan sambang warga dengan tanpa hambatan.

Hubungan baik pasca-peristiwa 8 Februari lalu itu terus dilakukan. Kombes Iqbal mencontohkan kegiatan yang telah dilakukan, yaitu bakti sosial, psiko-edukasi, perbaikan rumah ibadah, pembuatan sanitasi dan jambanisasi, pengeboran sumur, serta pengobatan gratis.

Iqbal mengklaim rangkaian kegiatan humanis yang telah dan masih berlangsung itu mendapat apresiasi dari sejumlah tokoh masyarakat.

Kondisi wadas saat ini dinyatakan kondusif oleh Polda Jateng. Sejumlah kegiatan telah digelar di sana.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News