Tak Memiliki Tempat & Ritual Ibadah, Agama Sikh Buat Dahlan Iskan Terkesan

Kamis, 07 April 2022 – 01:11 WIB
Tak Memiliki Tempat & Ritual Ibadah, Agama Sikh Buat Dahlan Iskan Terkesan - JPNN.com Jateng
Dahlan Iskan seusai mengisi orasi ilmiah dan memaparkan agama Sikh di acara Dies Natalis ke 52 UIN Walisongo Semarang, Rabu (6/4). Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Mantan Menteri BUMN Dahlan Iskan mengungkapkan kekagumannya terhadap salah satu agama yang berkembang pesat di Thailand. Agama yang dimaksud dirinya adalah Sikh.

Menurutnya, agama Sikh tidak memiliki tempat maupun ritual ibadah.

Fakta itu dia ketahui saat berkunjungan ke Negeri Gajah Putih dan berbincang dengan pemuka agama Sikh.

"Terus terang, saya tertarik dengan agama itu yang sangat berkembang pesat di Thailand, nama agamanya yaitu Sikh," kata Dahlan Iskan saat mengisi orasi ilmiah di UIN Walisongo Semarang, Rabu (6/4).

Berdasarkan penjelasan yang dia dapat, agama Sikh adalah suatu kepercayaan yang tidak memperbolehkan ritual dan membangun tempat ibadah, seperti agama pada umumnya.

"Sang mahaguru itu bilang beribadahnya untuk senantiasa berbuat kebaikan dan menyebarluaskan pesan moral," tutur mantan Dirut PLN itu.

Ajaran agama Sikh, kata Dahlan, memiliki kebenaran jika dilihat secara global.

Dia mengatakan banyak penganut agama yang kini berlomba membangun tempat ibadah besar dan mewah sehingga memicu rasa iri dan dengki.

Dahlan Iskan membagi pengalamannya bertemu dengan pemuka agama Sikh. Dia menceritakan itu saat mengisi orasi ilmiah di UIN Walisongo.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News