KTN Dibangun di Lereng Gunung Sindoro, Wadah Deradikalisasi

Kamis, 16 Juni 2022 – 22:10 WIB
KTN Dibangun di Lereng Gunung Sindoro, Wadah Deradikalisasi - JPNN.com Jateng
BNPT akan membangun Kawasan Terpadu Nasional (KTN) di lereng Gunung Sindoro, Temanggung. Ini fungsinya.Bupati Temanggung M Al Khadziq menanandatangani nota kesepahaman pembangunan Kawasan Terpadu Nusantara di Desa Bansari, Kabupaten Temanggung. ANTARA/Heru Suyitno

jateng.jpnn.com, TEMANGGUNG - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) akan membangun Kawasan Terbadu Nasional (KTN) di lereng Gunung Sindoro, Temanggung, Jawa Tengah.

Untuk pembangunan tersebut, BNPT telah meneken nota kesepahaman (MoU) dengan Pemkab Temanggung dan Perum Perhutani.

Penandatangan MoU yang berlangsung di kawasan Embung Bansari, Temanggung, yang dilakukan oleh Sekretaris Utama BNPT Mayjen TNI Dedi Sambowo, Bupati Temanggung M. Al Khadziq, dan Kepala Departemen Pengelolaan Sumber Daya Hutan Perhutani Divisi Regional Jateng Agus Priyantono.

Dedi Sambowo seusai penandatanganan MoU menyampaikan program ini adalah implementasi dari Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2018.

UU tersebut, kata dia, mewajibkan negara hadir melaksanakan kesiapsiagaan nasional, kontra radikalisasi, dan deradikalisasi.

"Dalam deradikalisasi ini kami perhatian terhadap mitra eks napiter (narapidana terorisme) atau mitra deradikalisasi untuk bersama-sama dengan masyarakat lain membangun satu kawasan," katanya, Kamis (16/6).

Dia menyampaikan mitra eks napiter dan lainnya akan bergabung dengan masyarakat, disatukan untuk membangun fisik dan nonfisik.

Untu itu, kata dia, di KTN nanti ada aspek ekonomi, pariwisata, dan aspek edukasi.

BNPT akan membangun Kawasan Terpadu Nasional (KTN) di lereng Gunung Sindoro, Temanggung. Ini fungsinya.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News