Peternak Siap-siap, 1.500 Dosis Vaksin PMK akan Didistribusikan Besok Kamis

Selasa, 21 Juni 2022 – 20:47 WIB
Peternak Siap-siap, 1.500 Dosis Vaksin PMK akan Didistribusikan Besok Kamis - JPNN.com Jateng
Ilustrasi sapi di sebuah peternakan. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima alokasi vaksin penangkal penyakit mulut dan kuku (PMK) sebanyak 1.500 dosis.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakkeswan) Provinsi Jawa Tengah Agus Wariyanto menyebut vaksin tersebut untuk hewan ternak sehat.

Vaksin kiriman dari Kementerian Pertanian itu akan diprioritaskan untuk hewan ternak yang berada di pusat pembibitan dan sapi perah.

"1.500 unit itu kan terbatas, ada perintah dari Kementerian Pertanian untuk mengutamakan tempat balai pembibitan dan sapi perah," kata Agus kepada awak media, Selasa (21/6).

Sebelum didistribusikan ke seluruh kabupaten/kota, ribuan dosis itu tengah disimpan di gudang berpendingin atau cold storage berkapasitas 200 ribu hingga 500 ribu dosis vaksin.

"Itu (jumlahnya,red) tentu belum cukup, namun harus segera diaplikasikan, sambil jalan," ucap Agus.

Pihaknya masih merumuskan langkah menyalurkan ribuan vaksin tersebut ke sebagian daerah di Jawa Tengah yang mendapatkan alokasi.

"Paling tidak besok Kamis (23/6) kabupaten terpilih kita suruh ambil, karena tidak semuanya," tuturnya.

Sebanyak 1.500 dosis vaksin PMK akan didistribusikan di sebagian daerah Jawa Tengah pada Kamis (23/6).
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News