Sapi Dimusnahkan Karena PMK Dapat Bantuan Rp 10 Juta, Triyanto Gembira, Tetapi

Sabtu, 25 Juni 2022 – 17:38 WIB
Sapi Dimusnahkan Karena PMK Dapat Bantuan Rp 10 Juta, Triyanto Gembira, Tetapi - JPNN.com Jateng
Seorang peternak memberikan obat semprot pada mulut sapi yang terjangkit PMK di Dukuh Kembangsari, Desa Madu, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, Sabtu (25/6/2022). ANTARA/Bambang Dwi Marwoto.

jateng.jpnn.com, BOYOLALI - Triyanto, peternak sapi di Dukuh Kembangsari, Desa Madu, Kecamatan Mojosongo, Boyolali, menyambut baik rencana pemerintah terkait pemberian bantuan Rp 10 juta per sapi yang dimusnahkan karena PMK.

"Kasihan para peternak sapi, wabah PMK butuh bantuan dari pemerintah," katanya, Sabtu (25/6).

Dia mengaku memiliki 10 ekor sapi perah yang positif PMK, di antaranya satu ekor anakan dengan usia dua minggu mati.

Triyanto mengharapkan pemerintah bukan hanya memberikan bantuan terkait sapi yang mati, akan tetapi juga ada bantuan langsung tunai seperti halnya dalam penanganan pandemi Covid-19.

Penularan PMK, kata dia, membuat kondisi ekonomi peternak lebih sulit ketimbang saat pandemi Covid-19.

"Saya setuju pemusnahan sapi terkena PMK dengan kondisi parah, untuk selanjutnya ada penggantian Rp 10 juta per ekor," ungkapnya.

Kendati demikian, dia menyatakan tidak setuju sapi positif PMK yang sebenarnya masih bisa diobati, tetapi malah dimusnahkan semata-mata untuk mendapatkan penggantian Rp 10 juta tersebut.

Bupati Boyolali M. Said Hidayat menjelaskan hingga saat ini belum ada petunjuk teknis dari pemerintah pusat terkait dengan bantuan penggantian sapi yang dimusnahkan karena PMK, terutama milik peternak UMKM tersebut.

Triyanto menyambut baik rencana pemerintah memberikan bantuan Rp 10 juta per sapi yang dimusnahkan karena PMK.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News