1.500 Dosis Vaksin PMK Tersalurkan di Jawa Tengah

Rabu, 22 Juni 2022 – 21:28 WIB
1.500 Dosis Vaksin PMK Tersalurkan di Jawa Tengah - JPNN.com Jateng
Ilustrasi sapi di sebuah peternakan. Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Sebanyak 1.500 dosis vaksin penyakit mulut dan kuku (PMK) telah tersalurkan ke seluruh daerah di Jawa Tengah.

Upaya tersebut merupakan langkah persiapan untuk menghalau PMK menyerang hewan ternak menjelang Hari Raya Iduladha 2022, bulan depan.

"PMK masih perlu diwaspadai, namun saat ini sudah turun 1.500 dosis vaksin yang dibagi di 35 ke kota/kabupaten," kata Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen, Rabu (22/6).

Sembari menunggu 1.500 dosis vaksin tersebut terdistribusikan, Gus Yasin tengah mengejar 45 dosis vaksin segera dikirimkan oleh pemerintah pusat.

"Sekarang baru mengejar yang 45 ribu dosis supaya bisa kita vaksinkan menghadapi Iduladha," tuturnya.

Gus Yasin meminta masyarakat memilah hewan ternak dengan jeli sesuai rekomendasi dari pemerintah sebelum dikurbankan pada Iduladha nanti.

"Untuk penjualan kami berharap (masyarakat,red) bisa cari tempat penjualan yang sudah direkomendasikan," ujar Gus Yasin.

Untuk diketahui, hewan ternak bergejala atau suspek PMK sejumlah 23.487 ekor. Sebanyak 300 di antaranya dinyatakan positif PMK, melalui uji medis pada Senin (20/6).

Gus Yasin meminta PMK di Jawa Tengah harus diwaspadai, meskipun 1.500 dosis vaksin tersalurkan.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News