Ganjar Minta Teknologi AI Diterapkan di Dunia Kedokteran, Suatu Keharusan

Jumat, 15 Juli 2022 – 16:05 WIB
Ganjar Minta Teknologi AI Diterapkan di Dunia Kedokteran, Suatu Keharusan - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dalam Kongres Nasional ke-XVIII Papdi di Hotel PO Semarang, Jumat (15/7). FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut dunia kedokteran dapat memanfaatkan big data, dan artificial intelligence (AI) untuk memudahkan pelayanan kesehatan.

Menurut Ganjar kecerdasan buatan dalam kedokteran menjadi keharusan yang harus diterapkan di masa sekarang.

"Penggunaan big data dan artificial intelligence bisa support untuk menyelesaikan persoalan dan ini menjadi sebuah keharusan," kata Ganjar usai membuka Kongres Nasional ke-XVIII Perhimpunan Dokter Spesialis Penyakit Dalam Indonesia (Papdi) di Hotel PO Semarang, Jumat (15/7).

Ganjar mengatakan kongres yang dihadiri sekitar 6 ribu dokter internis itu sedang menghadapi tantangan teknologi informasi yang dahsyat.

Akan tetapi, kata Ganjar, para dokter spesialis penyakit dalam merespons positif dengan penggunaan big data dan kecerdasan buatan.

"Teknologi ini menganalisis dengan AI-nya dan kemudian treatment awal dilakukan kepada mereka kemudian di-handle dokter yang di lapangan," ujarnya.

Baginya,  praktik seperti itu sejalan dengan kebutuhan masyarakat sekarang ini. Terlebih dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tidak menyarankan untuk bertemu dan pengobatan dilakukan jarak jauh.

"Kalau ini bisa lebih dalam lagi, dalam lagi, dan seoptimal mungkin digunakan, jangan-jangan nanti memang betul-betul bisa jarak jauh. Mudah-mudahan inilah yang akan menyelesaikan kesehatan dan kemanusiaan," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar juga memberikan contoh pemanfaatan big data dan kecerdasan buatan itu sudah diterapkan di Rumah Sakit dr Margono Purwokerto Jawa Tengah.

Gubernur Ganjar menyebut dunia kedokteran dapat memanfaatkan big data, dan artificial intelligence (AI) untuk memudahkan pelayanan kesehatan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia