Ganjar Sebut Guru Honorer Banyak yang Bagus, Tetapi

Sabtu, 30 Juli 2022 – 22:00 WIB
Ganjar Sebut Guru Honorer Banyak yang Bagus, Tetapi - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Humas Pemprov Jateng.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan keadaan guru honorer masih dibutuhkan dalam dunia kependidikan. Pertimbangan matang harus dirumuskan sebelum rencana penghapusan dilakukan.

Menurutnya, permasalahan yang dihadapi guru honorer sangat banyak. Terutama terkait dengan kesejahteraan yang sangat vital menjadi fokus perhatian hingga sekarang ini.

"Banyak sekali (guru) swasta yang bagus tetapi pendapatannya belum bagus," kata Ganjar seusai pembukaan Kongres III Persatuan Guru Seluruh Indonesia (PGSI) di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Semarang, Sabtu (30/7).

Terlebih, terkait yayasan dari lembaga pendidikan yang menaungi guru honorer mengajar harus memberikan perhatian secara serius.

"Mereka punya problem yang cukup serius dalam arti bagaimana (guru) swasta bisa berkontribusi untuk pengembangan dunia pendidikan," ujarnya.

Dia berpandangan, untuk memberi kesejahteraan bagi guru honorer, peran yayasan yang menaungi sekolah swasta terlebih dulu dapat memperbaiki dapur manajerial.

"Ini menurut saya menjadi penting dan itu bisa disubsidi silang sebenarnya," tuturnya.

Dirinya menekankan, sekolah swasta harus menyiapkan jalan alternatif dalam menghadapi tantangan zaman yang terus berubah.

Keadaan guru honorer dalam mengajar baik dan masih dibutuhkan dalam dunia kependidikan. Namun berpendapatan kurang baik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News