Serupa, Tetapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Gejala Cacar Monyet & Cacar Air

Kamis, 04 Agustus 2022 – 23:11 WIB
Serupa, Tetapi Tak Sama, Inilah Perbedaan Gejala Cacar Monyet & Cacar Air - JPNN.com Jateng
Kepala Dinas Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam. FOTO: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SOLO - Kepala Dinas Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam menyatakan karakteristik penyakit cacar monyet atau monkeypox menyerupai cacar air.

Hakam menjelaskan secara umum ada kemiripan antara cacar monyet dengan cacar air. Akan tetapi, ada perbedaan dari dua penyakit yang disebabkan oleh virus varisela tersebut.

"Yang membedakan cacar monyet ada pembesaran kelenjar limfa atau getah bening," kata Hakam saat ditemui di kantornya, Kamis (4/8).

Gejala yang ditimbulkan oleh cacar monyet yaitu munculnya demam selama tiga hari yang disusul dengan ruam merah cairan air atau nanah di wajah hingga seluruh tubuh.

"Bisa berlangsung dua sampai empat minggu," katanya.

Dirinya meminta masyarakat yang memiliki gejala cacar monyet segera mendatangi fasilitas kesehatan dengan melaporkan untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan.

"Pasien cacar monyet ini pun misalnya suspek ke arah sana harus dikarantina di ruang isolasi," tuturnya.

Menurutnya, tindakan yang dilakukan apabila ditemukan seorang terkonfirmasi positif cacar monyet harus menjalani isolasi dengan terapi kesehatan yang sudah ditentukan.

Gejala cacar monyet atau monkeypox menyerupai cacar air. Namun, ada perbedaan yang harus dikenali, simak!
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News