Kadinkes Kota Semarang Ungkap Fakta Penularan Cacar Monyet, Ternyata

Kamis, 04 Agustus 2022 – 23:24 WIB
Kadinkes Kota Semarang Ungkap Fakta Penularan Cacar Monyet, Ternyata - JPNN.com Jateng
Ilustrasi cacar monyet. Foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Kepala Dinas Kota Semarang Muhammad Abdul Hakam menyebut penyakit cacar monyet atau monkeypox dapat menyebabkan kematian.

Dia menyampaikan cacar monyet telah mewabah menjadi ribuan kasus di beberapa negara maju yang merupakan daerah endemis.

"Dari beberapa literatur menyebut di antara 10 pasien cacar monyet, dilaporkan beberapa  tidak bisa ditolong," kata Hakam saat ditemui di kantornya, Kamis (4/8).

Hakam menyampaikan penularan cacar monyet dapat terjadi tidak hanya melalui kontak langsung antara manusia atau primata, tetapi juga dengan segala jenis hewan.

"Harus hati-hati terhadap hewan apapun, tidak harus monyet yang bisa menularkan, semua binatang bisa," ujarnya.

Pihaknya menekankan kehati-hatian masyarakat dalam kontak langsung dengan hewan peliharaan, termasuk memastikan keamanan dan kematangan daging yang dikonsumsi.

"Misalnya pakaian yang dipakai berhubungan dengan orang yang terkonfirmasi itu harus hati-hati," tuturnya.

Penularan cacar monyet juga dapat melalui droplet. Menurut Hakam, percikan tersebut mengandung infeksius tinggi virus atau bakteri.

Kadinkes Kota Semarang mengungkapkan fakta tentang penularan cacar monyet yang saat ini tengah menjadi perhatian publik.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News