Bengung: Dolanan Tradisional Asal Megelang yang Berbunyi Indah

Rabu, 24 Agustus 2022 – 11:50 WIB
Bengung: Dolanan Tradisional Asal Megelang yang Berbunyi Indah - JPNN.com Jateng
Pemilik Kampung Dolanan Borobudur Abbet Nugroho saat menunjukkan dolanan tradisional bengung di Magelang. Foto: Humas Jatengprov.

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Dolanan tradisional bengung mungkin terdengar asing bagi kalangan generasi masa kini, terlebih permainan tersebut sangat jarang dijumpai di awa Tengah.

Namun permaianan tradisional bengung menjadi hal yang familier bagi warga Dusun Sodongan, Desa Bumiharjo Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang.

Pemilik Kampung Dolanan Borobudur Abbet Nugroho mengatakan bengung merupakan ciptaan dari daya kreativitas orang-orang zaman dahulu.

"Permainan bengung ini masuk dalam kategori permainan tradisional yang sifatnya adalah bunyi-bunyian alam," jelasnya, Rabu (24/8).

Dia mengatakan pembuatan bengung memanfaatkan bahan alam yaitu bambu. Cara pembuatannya bambu dipotong menjadi beberapa ruas, dan diberi lubang pada setiap ruasnya.

Kemudian di dalam ruas tersebut dimasukkan akar bambu yang halus, selanjutnya diberi minyak tanah.

"Jika disulut api dari atas, alat itu dapat menghasilkan suara yang khas dan indah. Bunyinya eperti orang jualan kue puthu, tetapi lebih lembut," ujarnya.

Besar kecilnya nada yang dihasilkan, lanjut Abbet, tergantung dari besar diameter bambu yang digunakan. Untuk akar bambu yang digunakan adalah akar bambu yang halus, yang masih tertanam di dalam tanah.

Yuk, mengenal dolanan tradisional bengung asal Magelang yang terbuat dari bambu dan mengeluarkan bunyi yang indah.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News