Situs Samberan Borobudur Diekskavasi, Ada Temuan Candi Hindu

Kamis, 15 September 2022 – 04:55 WIB
Situs Samberan Borobudur Diekskavasi, Ada Temuan Candi Hindu - JPNN.com Jateng
Petugas Balai Konservasi Bolobudur melakukan ekskavasi Situs Samberan, Kabupaten Magelang. (ANTARA/Heru Suyitno)

jateng.jpnn.com, MAGELANG - Balai Konservasi Borobudur (BKB) melakukan ekskavasi Situs Samberan di Desa Ringinanom, Kecamatan Tempuran, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Koordinator Perlindungan BKB Muhammad Taufik mengatakan ekskavasi terhadap situs berupa candi dari batu merah ini dilakukan pada 23 Agustus hingga 19 September 2022.

"Sebelumnya memang sudah ada laporan dari Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) bahwa di Dusun Samberan diduga terdapat candi," katanya, Rabu (14/9).

Pada 2000, BKB kemudian melakukan survei dan berdasarkan informasi dari masyarakat bahwa di daerah ini juga ditemukan lapik atau alas arca.

Taufik mengatakan Balai Arkeologi sebenarnya sudah melakukan ekskavasi terhadap situs ini pada 2002, tetapi saat itu belum banyak yang digali.

Dia menyampaikan sejak muncul Perpres Nomor 58 Tahun 2014 dijadikanlah kawasan Candi Borobudur dan diserahkan ke BKB, maka pada 2019 BKB melakukan penggalian di Samberan dan ditemukan empat sudut candi.

"Untuk melindungi candi berbahan bata merah agar tidak cepat rusak dibuat selter-selter. Akhirnya saya mengusulkan agar semua dibuka karena sudut-sudutnya sudah ketemu sekalian dikupas bagian tengahnya, ternyata ada temuan baru juga ada bata merah di tengah-tengah itu," katanya.

Menurut dia, kemungkinan candi ini tidak memiliki bilik. Bata untuk bangunan candi relatif tipis dengan tebal 5-10 sentimeter.

BKB melakukan ekskavasi terhadap Situs Samberan. Ada temuan candi Hindu dari batu bata merah.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News