Pembatik Banyumas Dikenalkan Teknik Shibori ala Jepang, Hasilnya Menggembirakan

Senin, 26 September 2022 – 14:45 WIB
Pembatik Banyumas Dikenalkan Teknik Shibori ala Jepang, Hasilnya Menggembirakan - JPNN.com Jateng
Tim PKM Unsoed Purwokerto bersama sejumlah pembatik menunjukkan kain batik motif shibori. ANTARA/HO-Unsoed Purwokerto

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Pembatik di UKM Putra Serayu, Desa Notog, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengikuti pelatihan teknik shibori ala Jepang yang digelah Tim Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed).

Ketua TIM PKM Unsoed Ari Asnani menjelaskan shibori adalah teknik tekstil dari Jepang dengan mencelup, mengikat, melipat, memelintir, dan menjahit kain sehingga membentuk pola yang unik.

Menurut dia, teknik dan proses shibori lebih bervariasi daripada teknik jumputan yang selama ini telah umum dipakai untuk pembuatan kain jumputan dalam seni batik.

Saat ini, ada enam teknik shibori yang dikenal, yaitu kanoko, arashi, itajime, miura, kumo, dan nui.

"Akulturasi teknik jumputan dan teknik shibori untuk pengembangan desain produk diharapkan mampu menghasilkan produk dengan motif yang lebih beragam sehingga lebih kompetitif," kata dia, Senin (26/9).

Dosen Jurusan Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) Unsoed itu mengatakan kombinasi dari teknik dan inovasi produk akan membuat akulturasi jumputan-shibori menjadi salah satu produk tekstil bergaya kontemporer yang menarik.

Umumnya, kata dia, pewarna yang digunakan pada shibori adalah pewarna indigo yang berasal dari tanaman Indigofera tinctorial yang memberikan warna biru.

"Perkembangan selanjutnya adalah penggunaan pewarna sintetis, yaitu naptol, remasol, dan indigosol yang lebih praktis penggunaannya serta bervariasi warnanya," kata Asnani.

Pembatik Banyumas dikenalkan dengan teknik shibori ala Jepang dalam produksi. Belasan produk pun tercipta.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News