Jelang Pilkades Serentak, Polres Wonosobo Petakan Daerah Rawan Konflik

Kamis, 29 September 2022 – 17:13 WIB
Jelang Pilkades Serentak, Polres Wonosobo Petakan Daerah Rawan Konflik - JPNN.com Jateng
Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar bersama Forkompimda Kabupaten Wonosobo memantau pelaksanaan tes tertulis bakal calon kepala desa di Aula BLK Kabupaten Wonosobo, Kamis (29/9/2022). ANTARA/HO - Dinas Kominfo Kabupaten Wonosobo

jateng.jpnn.com, WONOSOBO - Pemilihan kepala desa (Pilkades) Kabupaten Wonosobo di 30 desa akan dilakukan serentak pada 26 Oktober 2022.

Agar tak terjadi hal yang tak diinginkan, Kepolisian Resor (Polres) Wonosobo memetakan daerah rawan konflik.

Kapolres Wonosobo AKBP Eko Novan Presetyo Puspito mengatakan pihaknya masih terus melakukan pemetaan wilayah sesuai dengan kondisi geografis dan sejarah tindak pidana yang pernah terjadi.

"Kami secara aktif melakukan patroli di 30 desa penyelenggara Pilkades 2022 yang tersebar di beberapa titik pemetaan," ujarnya saat memantau tes tertulis bagi bakal calon kepala desa di Aula BLK Kabupaten Wonosobo bersama forkopimda setempat, Kamis (29/9).

Selain itu, lanjut dia, Polres Wonosobo akan menerjunkan 605 personel untuk mengawal pada hari pencoblosan.

Menanggapi hal tersebut, anggota Komisi A DPRD Kabupaten Wonosobo Suwondo Yudhistiro mengatakan bakal calon kepala desa dan pendukungnya harus mengedepankan kampanye yang baik dan tidak melakukan kampanye hitam kepada calon lawan.

"Jangan membuat narasi yang menyudutkan, pemimpin terpilih adalah pemimpin yang memiliki kualitas dan legitimasi kuat di masyarakat," kata Suwondo.

Sementara itu, Wakil Bupati Wonosobo Muhammad Albar berharap Pilkades Serentak 2022 berjalan dengan aman, tertib, dan terkendali.

Polres Wonosobo menerjukan ratusan personel untuk mengamankan Pilkades serentak 2022.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News