Seorang Anak Usia 6 Tahun Mendadak Buta, Pemkab Klaten Langsung Bertindak

Senin, 03 Oktober 2022 – 20:57 WIB
Seorang Anak Usia 6 Tahun Mendadak Buta, Pemkab Klaten Langsung Bertindak - JPNN.com Jateng
Pasien buta mendadak Rangga. ANTARA/HO-Pemkab Klaten

jateng.jpnn.com, KLATEN - Seorang anak usia berusia enam tahun di Desa Sidowayah, RT 02/RW 01, Polanharjo, Kabupaten Klaten mendadak mengalami kebutaan.

Pemkab Klaten pun langsung bertindak dengan adanya kejadian tersebut.

Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Keluarga Berencana (Dinsos P3AKB) Kabupaten Klaten M. Natsir menyampaikan kini tenaga sosial telah mendampingi anak yang bernama Rangga tersebut.

"Jajaran terkait seperti Dinas Sosial Provinsi Jawa Tengah, Rumah Sakit Ortopedi Surakarta, Wanodiatama, Taruna Yuda Sukoharjo, dan jajaran kepolisian Klaten juga turun tangan," katanya, Senin (3/10).

Dia mengatakan Rangga sudah memiliki Kartu Indonesia Sehat (KIS). Setiap bulan Rangga sudah melakukan kontrol ke RS Sardjito Yogyakarta dengan kawalan ambulans gratis.

"Tentang kasus ini pemerintah telah turun tangan," ujarnya.

Terkait penyebab kasus kebutaan mendadak tersebut, Natsir menuturkan bahwa organ mata Rangga tertutup oleh semacam selaput.

"Informasi dari petugas di lapangan setelah diadakan asesmen, di mata Rangga ada semacam selaput yang menutupi organ mata, lalu Rangga mengalami panas tinggi. Tindakan medis sudah dilakukan," jelasnya.

Pemkab Klaten menangani kasus kebutaan mendadak anak usia enam tahun asal Desa Sidowayah, RT 02/RW 01, Polanharjo.
Sumber antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News