Komisi X Sebut Peran Orang Tua Sangat Penting dalam Kurikulum Merdeka

Selasa, 20 Desember 2022 – 00:41 WIB
Komisi X Sebut Peran Orang Tua Sangat Penting dalam Kurikulum Merdeka - JPNN.com Jateng
Workshop Pendidikan Sosialisasi Kurikulum Merdeka dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran di Hotel MG Setos Semarang, Sabtu (17/12). Foto: Wisnu Indra Kusuma/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti menyebut orang tua berperan penting dalam pendidikan selain guru, dan lingkungan, terlebih dalam Kurikulum Merdeka.

"Ada tiga stakeholder yang berperan penting dalam pendidikan anak-anak, yakni sekolah, orang tua, dan lingkungan," katanya di Hotel MG Setos Semarang, belum lama ini.

Dalam Workshop Pendidikan Sosialisasi Kurikulum Merdeka dalam Rangka Pemulihan Pembelajaran itu, Agustina menyatakan setiap peran itu harus sama.

Menurutnya, sekolah sama pentingnya dengan keluarga, begitu juga keluarga sama pentingnya dengan lingkungan.

"Namun, kalau keluarga dan lingkungan tidak mendukung, sampai di rumah anak-anak malah bingung," ujarnya.

Dia mengatakan secara fakta banyak orang tua yang tidak terjun berperan seolah-olah orang tua lepas tanggung jawab dan menyerahkan pada sekolah.

Kurikulum Merdeka menuntut peran yang sangat besar dari orang tua untuk kembali ikut mendidik anaknya dalam waktu bersama keluarga, dan lingkungan.

"Walaupun dalam klasifikasi peran nomor satu adalah sekolah, kedua orang tua, dan ketiga lingkungan," tuturnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Agustina Wilujeng Pramestuti menyebut orang tua berperan penting dalam Kurikulum Merdeka.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News