Ganjar Sebut Rempah Indonesia Akan Menguasai Pasar Dunia

Kamis, 22 Desember 2022 – 18:00 WIB
Ganjar Sebut Rempah Indonesia Akan Menguasai Pasar Dunia - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. FOTO: Ricardo/JPNN.com.

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berharap Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia PT Sido Muncul menjadi titik balik rempah Indonesia untuk mendunia.

Ganjar mengapresiasi langkah Sido Muncul tersebut. Lantas dia menceritakan pengalaman ketika berkunjung ke Suriname, dan Belanda.

"Waktu itu saya kunjungan di Suriname, seperti biasa saat selesai kan bertukar semacam oleh-oleh. Nah dari pihak Suriname itu malah ngasih saya produk tolak angin," ujar Ganjar mengawali sambutan persesmian Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia, di Kabupaten Semarang, Kamis (22/12).

Meskipun hadir secara virtual, Ganjar kembali membagikan pengalamannya bertemu veteran perang yang fasih berbahasa Jawa di Belanda. Dia menyebut negara kincir angin itu tak punya panganan dengan rasa yang khas.

"Kami ini mendapatkan kuliner yang enak setelah terjadi penjelajahan dan penjajahan di banyak negara termasuk menemukan rempah-rempah dari Indonesia, itu yang diceritakan," kata Ganjar.

Dia menyatakan Sido Muncul telah membuat laboratorium yang sangat bagus. Menurutnya, kesempatan bagus itu dapat menjadi ruang bertemunya seluruh pemangku kepentingan.

"Ini bisa kita dorong untuk hilirisasi menjadi produk yang punya brand bagus," tuturnya.

"Saya bayangkan seluruh kedutaan kita bekerja sama dengan pemerintah lokal, punya Toko Indonesia dan menjual seluruh bumbu yang ada dan ini menjadi diplomasi kita," katanya menambahkan.

Ganjar Pranowo berharap Pusat Penelitian Tanaman Rempah Indonesia PT Sido Muncul menjadi titik balik rempah Indonesia untuk mendunia.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News