Gibran Tagih Kesepakatan Damai Keraton Surakarta, Jika Tidak...

Senin, 09 Januari 2023 – 16:38 WIB
Gibran Tagih Kesepakatan Damai Keraton Surakarta, Jika Tidak... - JPNN.com Jateng
Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. ANTARA/Aris Wasita

jateng.jpnn.com, SOLO - Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka menagih komitmen Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat terkait kesepakatan damai antaranggota keluarga yang terjadi belum lama ini.

Pernyataan Gibran tersebut menyusul rencana pihaknya untuk merevitalisasi bangunan cagar budaya Keraton Surakarta.

"Kalau komitmen (dengan perdamaian) ya tak teruske (revitalisasi), kalau enggak ya aku neng Mangkunegaran wae," katanya, Senin (9/1).

Terkait perjanjian damai tersebut, Gibran menyadari sudah pernah terjadi beberapa tahun silam. Meski demikian, perpecahan kembali terjadi belum lama ini.

"Dulu pernah didamaikan, ada hitam di atas putih. Ini kembali lagi (damai setelah adanya konflik). Makanya ini tidak ada hitam di atas putih, artinya gentleman agreement," katanya.

Dia mengatakan saat ini tengah mencari pendanaan untuk revitalisasi Keraton Surakarta.

"Intinya kan itu bukan aset kami. Kalau sudah dibangun atau sebelum dibangun itu kan milik beliau-beliau (keluarga keraton)," ujarnya.

Gibran berharap komunikasi yang terjalin antara Pemkot Surakarta dengan pihak keraton berjalan dengan baik dan efektif seperti halnya yang terjadi dengan Pura Mangkunegaran yang sama-sama merupakan peninggalan zaman kerajaan.

Gibran Rakabumin Raka menagig komitmen Keraton Surakarta terkait kesepakatan damai di internal kerajaan. Revitalisasi terancam?
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News