Persoalan Pemerintah Desa Mengantarkan Zulkifli Raih Gelar Doktor di Unissula Semarang

Kamis, 26 Januari 2023 – 21:28 WIB
Persoalan Pemerintah Desa Mengantarkan Zulkifli Raih Gelar Doktor di Unissula Semarang - JPNN.com Jateng
Founder dan CEO Zuliya Consulting dinyatakan lulus dalam Ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Manajeman Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang di Aula Lantai 3 Fakultas Ekonomi Unissula Semarang, Kamis (26/01/2023). Foto: Dokumen untuk JPNN

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Founder dan CEO Zuliya Consulting Zulkifli meraih gelar doktor Ilmu Manajemen dengan konsentrasi Manajeman Strategik dari Unissula Semarang.

Pria asal Aceh itu meraih gelar doktor tersebut setelah dinyatakan lulus dalam 'Ujian Promosi Doktor Bidang Ilmu Manajeman Universitas Sultan Agung (Unissula) Semarang' pada Kamis (26/01).

Dia lulus dengan hasil yang memuaskan setelah mengangkat desertasi dengan judul “Peran Energizing Ulul Albab Intelektual Dalam Meningkatkan Kinerja". Desertasinya tersebut merupakan hasil dari pendalaman persoalan pemerintahan desa dengan latar belakang dua daerah, yakni di Aceh dan Jawa Tengah.

Menurutnya, desa merupakan pemerintahan paling kecil dan paling bawah, sehingga secara langsung bersangkutan dengan masyarakat. Oleh karena itu, dia menawarkan konsep baru untuk bisa mencegah adanya kesalahan tata pemerintahan di tingkat desa.

“Kalau di dalam laporan ICW, ada sekitar 500 kasus korupsi di desa. Itu yang menggerakkan saya untuk mengubah pola administrasi keuangan desa,” jelasnya di Aula Lantai 3 Fakultas Ekonomi Unissula Semarang.

Dia mencoba menawarkan sistem pencegahan terjadinya kesalahan dalam tata pemerintahan desa. Pencegahan ini dilakukan dari dalam diri atau individu.

“Prinsipnya tujuannya untuk bagaimana individu-individu di dalam pimpinan desa bisa lebih baik, terutama ada nilai-nilai takut dia sama Allah. Itu yang lebih penting,” kata lelaki yang pernah aktif dalam organisasi Kesatuan Aksi Mahasiswa Mulim Indonesia (KAMMI) tersebut.

Untuk penekanannya, dia akan melakukannya di dalam penerapan-penerapan, baik itu melakukan perencanaan dan lain sebagainya.

Zulkifli meraih gelar doktor Ilmu Manajemen dengan konsentrasi Manajeman Strategik dari Unissula Semarang.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News