UIN Walisongo Semarang: Awal Ramadan Diprediksi Jatuh pada 24 Maret 2023

Selasa, 14 Februari 2023 – 23:10 WIB
UIN Walisongo Semarang: Awal Ramadan Diprediksi Jatuh pada 24 Maret 2023 - JPNN.com Jateng
Para peserta Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1444 Hijriah yang digelar Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam (UIN) Walisongo Semarang, Selasa (14/2/2023). (ANTARA/HO-UIN Walisongo Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam (UIN) Walisongo Semarang memprediksi awal bulan Ramadan 1444 Hijriah akan jatuh pada 24 Maret 2023.

Prediksi awal Ramadan tersebut merupakan hasil dari Lokakarya Imsakiyah Ramadhan 1444 Hijriah yang diadakan di UIN Walisongo Semarang.

Sekretaris Lembaga Penelitian dan Pengabdian UIN Walisongo Dr Muhamamd Sya’roni menyampaikan kegiatan tersebut memang diagendakan secara rutin setiap tahun.

"Kegiatan ini adalah kegiatan yang memang diagendakan setiap tahun, ingin berkhidmat pada masyarakat dalam memberikan pencerahan terkait persoalan imsakiyah Ramadan," katanya, Selasa (14/2).

Dia menjelaskan lokakarya itu diikuti oleh perwakilan Kemenag Jateng dan Kota Semarang, Muhammadiyah, Nahdlatul Ulama, LDII, Kesbangpol Provinsi Jateng dan Semrang, serta Mahasiswa Ilmu Falak UIN Walisongo.

"Jadwal imsakiyah ini sudah ditunggu masyarakat. Maka hari ini dilaksanakan di tempat di Planetarium UIN Walisongo diberikan kesempatan untuk simulasi di observatorium UIN Walisongo," katanya.

Narasumber kegiatan lokakarya adalah ahli falak dan Pengurus Lajnah Falakiyah PBNU K.H Slamet Hambali, ahli falak dan Wakil Dekan III Fakultas Syariah dan Hukum UIN Walisongo Semarang Ahmad Izzudin.

"Serta, Ahmad Syifaul Anam sebagai narasumber terakhir yang menyampaikan penjelasan astronomis dan simulasi awal dan akhir Ramadan," jelasnya.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Islam (UIN) Walisongo Semarang memprediksi awal bulan Ramadan 1444 Hijriah akan jatuh pada 24 Ma
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News