Muhammadiyah Jateng Bakal Fokus ke Industri, Tafsir: Embrionya Sudah Ada

Kamis, 16 Maret 2023 – 12:14 WIB
Muhammadiyah Jateng Bakal Fokus ke Industri, Tafsir: Embrionya Sudah Ada - JPNN.com Jateng
Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah KH Tafsir (tengah), didampingi Sekretaris PWM Jateng Dodok Sartono (kiri), dan Bendahara PWM Jateng Prof Sofyan Anif, usai Musyawarah Wilayah Muhammadiyah Jateng, di Kota Tegal, Minggu (5/3/2023). ANTARA/HO-PWM Jateng

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jawa Tengah menjadikan industrialisasi sebagai salah satu program unggulan yang akan digencarkan persyarikatan setelah selama ini cukup masif bergerak di sektor pendidikan dan kesehatan.

"Sudah saatnya Muhammadiyah membangun industri. Membangun kemajuan baru, menambah pilar keempat. Embrionya sudah ada, ini pengembangan," kata Ketua PW Muhammadiyah Jateng KH Tafsir di Semarang, Kamis (16/3).

Tafsir menyebutkan Muhammadiyah saat ini sudah memiliki sejumlah industri yang tersebar di berbagai wilayah, mulai produk pangan, kesehatan, hingga teknologi komunikasi dan informasi.

"Sudah ada beberapa (industri). Pabrik mi ada di Solo, namanya 'MieMu'. Pabrik alat-alat kesehatan di Sukoharjo, membuat bed (tempat tidur) pasien," kata Tafsir yang baru saja terpilih kembali sebagai Ketua PW Muhammadiyah Jateng.

Muhammadiyah, kata dia, juga sudah memiliki program televisi digital bernama TVMu yang studionya berada di Universitas Muhammadiyah Semarang (Unimus) dan Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP).

Menurut dia, sektor industri memang yang selanjutnya dibidik untuk dikembangkan persyarikatan ke depan, mengingat selama ini sektor kesehatan dan pendidikan sudah berjalan dengan sangat baik.

"Kesehatan, RS PKU Muhammadiyah, kemudian sekolah, universitas (pendidikan) sudah banyak. Apalagi di Jateng. Perguruan tinggi (Muhammadiyah) tidak boleh lagi berdiri di Jateng karena sudah banyak," katanya.

Selain itu, kata dia, industrialisasi menjadi langkah strategis untuk membantu pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat dan mengurangi kemiskinan, salah satunya dengan terbukanya lapangan pekerjaan.

Muhammadiyah Jateng periode 2022-2027 di bawah pimpinan Tafsir akan lebih fokus ke sektor industri yang embrionya sudah ada.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News