Hari Air Sedunia, Cerita Siswa Adiwiyata Belajar Kearifan Lokal dari Petani di Klaten

Rabu, 22 Maret 2023 – 21:46 WIB
Hari Air Sedunia, Cerita Siswa Adiwiyata Belajar Kearifan Lokal dari Petani di Klaten - JPNN.com Jateng
Kaum milenial belajar kearifan lokal langsung pada petani di Bendung Bagor, Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten, Rabu (22/3). Foto: Dokumentasi untuk JPNN

jateng.jpnn.com, KLATEN - Peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh pada Rabu (22/3) kali ini menjadi khidmat dengan momentum yang bersamaan dengan Hari Raya Nyepi dan menyambut Ramadan.

Umat Islam dan Hindu memiliki kesamaan untuk menjaga harmonisasi dengan alam, dan air adalah menjadi elemen utamanya.

Pada momentum tersebut, PT Tirta Investama, pabrik AQUA Klaten berkolaborasi dengan elemen masyarakat mengajak milenial belajar kearifan lokal langsung pada petani di Bendung Bagor, Desa Juwiring, Kecamatan Juwiring, Kabupaten Klaten.

Kegiatan ini diikuti juga oleh Pusur Institute, Forum Relawan Irigasi Jogo Toya Kamulyan, Pemerintah Desa Juwiring, Pemerintah Kecamatan Juwiring SMK N 1 Polanharjo, SMP N 2 Klaten, Gita Pertiwi Surakarta, SHIND (Secercah Harapan Indonesia) Jogja, LPTP (Lembaga Pengembangan Teknologi Pedesaan) Surakarta dan Multi Stakeholder Forum (MSF) Klaten.

Selain mengingatkan pentingnya menjaga air, kaum milenial diberi kesempatan belajar dan memahami langsung kearifan lokal dari petani saat ini.

Hal tersebut sesuai dengan tema Hari Air Sedunia 2023 yaitu "Be The Change" atau menjadi motor perubahan dalam pengelolaan sumber daya air yang lebih baik.

Pemahaman akan pengelolaan Sumber Daya Air ini yang diharapkan bisa dimulai dari diri sendiri dan ditularkan pada keluarga, kelompok masyarakat hingga masyarakat luas.

Stakeholder Relation Manager AQUA Klaten Rama Zakaria menyampaikan bahwa Peringatan Hari Air sedunia tahun ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan momentum keagamaan.

Hari Air Sedunia tahun ini menjadi istimewa karena bertepatan dengan hari besar keagamaan. Lihat cara siswa Adiwiyata belajar Kearifan dari Petani di Klaten.
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News