Besok, Komunitas Lintas Agama Akan Berkumpul di Kota Semarang, Ada Apa?

Sabtu, 29 April 2023 – 09:33 WIB
Besok, Komunitas Lintas Agama Akan Berkumpul di Kota Semarang, Ada Apa? - JPNN.com Jateng
Dokumentasi penyelenggaraan Pawai Ogoh-Ogoh di Kota Semarang. (ANTARA/Dok Humas Pemkot Semarang)

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Ribuan orang yang tergabung dalam kominutas lintas agama akan memeriahkan Pawai Ogoh-Ogoh untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang.

Festival seni budaya tahunan tersebut terselenggara atas kerja sama Parisada Hindu Dharma Indonesia dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.

Kepala Disbudpar Kota Semarang Wing Wiyarso mengatakan sebanyak 1.300 orang gabungan dari berbagai komunitas seni budaya, agama, penghayat, berbagai komunitas etnis Kota Semarang akan hadir.

"Festival ini sekaligus sebagai wujud upaya memelihara kerukunan antarumat beragama di Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah," jelasnya, Sabtu (29/4).

Penyelenggaraan festival Ogoh-Ogoh itu bukanlah kali pertama di Kota Semarang, sebab festival yang sama telah digelar rutin setiap tahun sejak 2010, dan sempat terhenti akibat pandemi COVID-19.

Ogoh-ogoh merupakan simbol dari sifat buruk manusia yang diharapkan dapat ditekan atau dihilangkan. Karya seni patung dari budaya Bali itu menggambarkan kepribadian Bhuta Kala.

"Toleransi di Kota Semarang memang telah dikenal sebagai salah satu kekuatan dan kekayaan yang perlu terus dijaga. Hal ini terbukti dengan adanya apresiasi tiga kali berturut-turut dalam Harmony Award dan kota Semarang menduduki peringkat 7 Kota Toleran tahun 2022 dari Setara Institute," jelas Wing.

Dia berharap penyelenggaraan even wisata tersebut dapat menjadi pemantik lahirnya beragam agenda wisata baru dengan melibatkan penggiat seni di Kota Semarang.

Ribuan orang yang tergabung dalam kominutas lintas agama akan memeriahkan Pawai Ogoh-Ogoh untuk memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-476 Kota Semarang.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News