Ada 143 Paket Pelatihan Kerja di Kudus, Buruan Manfaatkan!

Selasa, 02 Mei 2023 – 15:35 WIB
Ada 143 Paket Pelatihan Kerja di Kudus, Buruan Manfaatkan! - JPNN.com Jateng
Tempat pendaftaran pelatihan kerja di kantor Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus . (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Pemerintah Kabupaten Kudus menyediakan 143 paket pelatihan kerja untuk membekali masyarakat, terutama para pekerja di lingkungan industri rokok.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Kudus Rini Kartika Hadi Ahmawati mengatakan program tersebut bertujuan agar warga memiliki keahlian kerja sehingga ketika tidak bekerja di sektor rokok bisa memulai usaha sendiri.

"Saat ini, paket pelatihan kerja yang sudah jalan baru 30-an paket pelatihan, sehingga masih banyak yang bisa diikuti masyarakat," katanya, Selasa (5/2).

Dia berharap masyarakat yang belum bekerja atau terkena pemutusan hubungan kerja bisa memanfaatkan program pelatihan kerja tersebut.

Peserta pelatihan yang dibutuhkan, kata dia, sebanyak 2.300 orang, sementara anggaran yang disiapkan sebesar Rp 6 miliar untuk program pelatihan kerja selama 2023.

Dibandingkan tahun sebelumnya tentu menurun karena tahun lalu mencapai Rp 16,1 miliar dengan sasaran peserta pelatihan hingga 4.900 orang.

Program pelatihan kerja yang berlangsung selama ini, tidak hanya digelar di dalam kelas melainkan ada pula yang digelar dengan mendekatkan akses terhadap masyarakat atau program pelatihan MTU (mobile training unit).

Ketua Pimpinan Cabang FSP RTMM SPSI Kudus Suba'an Abdul Rohman mengakui jumlah paket pelatihan yang diikuti para pekerja sebanyak 16 paket.

Pemkab Kudus menyediakan 143 peket pelatihan kerja untuk masyarakat yang membutuhkannya.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News