Antisipasi Kemarau di Kudus, BPBD Siapkan 1 Juta Liter Air Bersih

Kamis, 08 Juni 2023 – 14:17 WIB
Antisipasi Kemarau di Kudus, BPBD Siapkan 1 Juta Liter Air Bersih - JPNN.com Jateng
Sekretaris BPBD Kudus Junaidi didampingi staf mengecek mobil tangki untuk distribusi air bersih kepada warga saat musim kemarau, Kamis (8/6/2023). (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, menyiapkan satu juta liter air bersih untuk mengantisipasi penanganan dampak musim kemarau.

Sekretaris BPBD Kudus Junaidi mengatakan jumlah air bersih yang disediakan masih bisa bertambah karena pihaknya akan menggandeng perusahaan.

"Kerja sama itu melalui program tanggung jawab sosial perusahaan atau coorporate social responsibility (CSR)," kata setelah rapat koordinasi persiapan menghadapi musim kemarau, Kamis (8/6).

Daerah setempat yang berpotensi kesulitan air bersih, kata dia, saat ini tersebar di delapan desa di Kecamatan Undaan.

Meskipun sudah disediakan air bersih dalam jumlah besar, dia berharap, masyarakat tetap waspada dengan dampak musim kemarau yang diprediksi berlangsung antara Mei hingga September 2023.

Dia berharap, dukungan masyarakat untuk melakukan pengurangan risiko bencana kekeringan dengan penghematan dalam penggunaan air bersih, menggalakkan penghijauan, serta membuat sumur resapan untuk menampung air hujan agar tersimpan di Bumi.

Dia menyebut hasil studi Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kudus, di semua daerah di kabupaten itu mengalami defisit air.

"Beberapa desa juga mengoptimalkan keberadaan pamsimas atau penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat karena terbukti banyak daerah yang semula kesulitan air bersih, kini tidak lagi khawatir dengan musim kemarau karena kebutuhan air bersih warganya bisa tercukupi," ujarnya.

BPBD Kudus sedikitnya menyiapkan satu juta liter air bersih untuk mengantisipasi kemarau panjang di daerah itu.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News