Sebentar Lagi Kudus Bakal Miliki Gedung Pusat Layanan Haji

Selasa, 06 Juni 2023 – 14:57 WIB
Sebentar Lagi Kudus Bakal Miliki Gedung Pusat Layanan Haji - JPNN.com Jateng
Gedung pusat layanan haji mulai dibangun di kompleks Perkantoran Mejobo Kudus, Jawa Tengah. (ANTARA/Akhmad Nazaruddin Lathif)

jateng.jpnn.com, KUDUS - Gedung pusat layanan haji dan umrah terpadu sedang dibangun di Kabupaten Kudus Jawa Tengah, setelah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) setempat.

Kepala Kantor Kemenag Kudus Suhadi gedung itu dibangun setelah pihaknya mendapatkan hibah tanah seluas 600 meter persegidari pemerintah daerah itu.

"Pembangunan gedung layanan haji dan umrah terpadu tersebut sudah berlangsung sejak 2 Mei 2023 dengan anggaran senilai Rp 2,1 miliar," katanya, Selasa (6/6).

Target pengerjaannya, kata dia, berlangsung selama 150 hari atau berakhir pada 28 September 2023, sedangkan realisasi pekerjaan hingga pekan sebelumnya sekitar 8 persen.

Dia menilai realisasi pengerjaan tersebut masih sesuai target, sedangkan perkembangan berikutnya tetap akan dipantau agar pekerjaan pembangunan gedung dua lantai tersebut bisa selesai sesuai perencanaan.

Lokasi bangunan, kata dia, tidak berdekatan dengan Kantor Kemenag Kudus, namun masih dalam satu kompleks perkantoran Mejobo, karena tanah tersebut hibah dari Pemkab Kudus untuk didirikan bangunan berukuran 8x22 meter.

Gedung layanan haji tersebut menggunakan desain dari Kantor Kemenag Pusat, sehingga sama dengan desain bangunan pusat layanan haji di daerah lain. Sedangkan anggarannya berasal dari Kemenag Pusat dan dana surat berharga syariah negara (SBSN).

"Nantinya bangunan tersebut dipakai untuk pelayanan pendaftaran haji dan umrah, serta untuk manasik haji dan lainnya. Sehingga, pelayanannya lebih nyaman dan luas," ujarnya.

Gedung Pusat Layanan Haji dan Umroh terpadu akan berdiri di Kudus, Jateng, dalam waktu dekat. Anggarannya Rp 2,1 miliar.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News