Ganjar Jamin Kebebasan Beribadah Penghayat Kepercayaan, Senangnya

Sabtu, 24 Juni 2023 – 03:00 WIB
Ganjar Jamin Kebebasan Beribadah Penghayat Kepercayaan, Senangnya - JPNN.com Jateng
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (ANTARA/HO-Humas Pemprov Jateng)

jateng.jpnn.com, KARANGANYAR - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memberikan jaminan kebebasan beribadah bagi penghayat kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa di wilayahnya.

"Kalau panjenengan (Anda) mau buat satu perayaan ibadah menurut kepercayaan panjenengan, insyaallah tidak ada yang ganggu," katanya saat menghadiri Munas Himpunan Penghayat Kepercayaan (HPK) di Kabupaten Karanganyar, Jumat (23/6).

Dia mengapresiasi semangat para penghayat kepercayaan dalam memegang teguh tradisi dan budaya peninggalan nenek moyang serta mengajarkannya kepada generasi penerus.

"Tak hanya kesenian, tetapi adab, budi pekerti, serta nilai-nilai hidup yang luhur diajarkan oleh panjenengan semua. Itu adalah budaya yang tidak hanya dilestarikan, tetapi harus terus dikembangkan," katanya.

Ganjar berharap munas penghayat kepercayaan dapat merumuskan masukan bagi pemerintah untuk meningkatkan upaya pelestarian kebudayaan.

"Saya yakin bapak ibu akan bisa membawa nilai-nilai kebaikan ini. Saya pasti mendengarkan itu, Pak Presiden Jokowi juga pasti akan mendengarkan," katanya.

Sementara itu, Ketua Himpunan Penghayat Kepercayaan Romo Hadi Prajoko berharap para penghayat kepercayaan mendapatkan penguatan, pembinaan, dan perlindungan hukum dari pemerintah.

Menurutnya, para penghayat kepercayaan juga mengharapkan jaminan kebebasan dalam melaksanakan ritual serta tradisi.

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memberikan jaminan kebebasan beribadah bagi penghayat kepercayaan di wilayahnya. Penghayat sorak-sorai.
Sumber antara
Facebook JPNN.com Jateng Twitter JPNN.com Jateng Pinterest JPNN.com Jateng Linkedin JPNN.com Jateng Flipboard JPNN.com Jateng Line JPNN.com Jateng JPNN.com Jateng

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jateng di Google News